Jumat, 25 September 2009

Memantau Self-Talk

Self-talk adalah ucapan-ucapan yang muncul di dalam batin anda. Sebagai contoh yaitu : “ saya tidak mampu mengerjakan ini “ , “ saya sedang malas “,
“ saya merasa takut “ dan masih banyak yang lain. Setiap orang, setiap hari mengucapkan self-talk ratusan bahkan ribuan kali, dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari. Dan sebagian besar self-talk ini berupa kata atau kalimat yang negatif.
Anda adalah apa yang anda ucapkan terus-menerus kepada diri sendiri. Bila anda sering mengucapkan “ saya tidak pandai “, dan ini berulang-ulang anda ucapkan, dari hari ke hari, maka setelah sekian bulan atau tahun, anda akan menjadi orang yang bodoh, kecuali ucapan itu di netralisir dengan kata-kata yang positif yang lebih kuat dengan frekwensi yang lebih banyak.
Kalimat dengan kata-kata yang negatif yang anda ucapkan di dalam batin anda akan menutup potensi dan kemampuan anda, misalkan anda di minta untuk mengerjakan suatu pekerjaan dan di dalam hati, anda mengatakan bahwa tidak bisa / tidak sanggup mengerjakan pekerjaan itu, maka anda akan lesu dan tidak bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan itu. Walaupun pekerjaan itu mudah, anda juga tidak akan tergerak untuk mengerjakan pekerjaan itu.
Sebaliknya kalimat dengan kata-kata yang positif, akan membuka potensi dan meningkatkan kemampuan anda. Misalkan anda di minta untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan, dan anda mengatakan bahwa anda pasti bisa menyelesaikan tugas itu, maka anda akan berusaha keras, mencari solusi dan berani menghadapi tantangan agar pekerjaan itu selesai dengan baik.

Untuk meningkatkan kualitas diri kita, sebaiknya self-talk itu di pantau terus menerus, jika kita tahu bahwa self-talk negatif muncul, kita harus segera merubahnya. Jangan biarkan self-talk negatif menguasai diri anda. Anda adalah Tuan dan Majikan bagi diri anda, jadi anda harus mengemudikan pikiran anda, sehingga self-talk anda senantiasa positif.
Di bawah ini saya sajikan beberapa contoh self-talk negatif, dan positif. Bila yang negatif muncul , segera rubah dengan positif segera mungkin dengan menggunakan contoh positif di bawah ini.

Agar kita peka terhadap munculnya self-talk negatif, sebaiknya kita melatih diri kita untuk meningkatkan kesadaran.
Self-talk sama seperti sugesti diri. Sugesti diri yang positif adalah cara membangun kualitas diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar