Sabtu, 26 September 2009

Hidup Sukses dan Kaya #8

Pikiran dan perasaan menentukan nasib anda.
Dalam melaksanakan pekerjaan atau usaha anda setiap hari, kemana fokus pikiran anda ? pikiran anda akan tercermin pada perasaan yang anda alami. Sedangkan pikiran dan perasaan anda menentukan perilaku dan upaya yang anda lakukan. Tahukah anda, apa saja yang anda rasakan sehari-hari ?
Di dalam diri anda terdapat suatu mekanisme yang memberikan informasi kepada anda, apakah anda sudah berada pada arah yang benar atau tidak. Mekanisme ini muncul dalam bentuk sinyal-sinyal yang anda rasakan melalui emosi anda. Bila anda menjumpai sinyal-sinyal dalam bentuk emosi negatif seperti tersebut di bawah ini :

1. Frustrasi, tidak punya harapan dan sia-sia.
2. Aggressiveness atau keagresifan yang salah arah
3. Insecurity atau ketidak-tenteraman, ketidak-nyamanan
4. Lonliness atau Kesepian
5. Uncertainty atau ketidak pastian, merasa ragu-ragu, merasa takut
6. Resentment atau merasa benci terhadap seseorang atau sesuatu
7. Emptiness atau kehampaan, merasa kosong.

Inilah Sinyal-Sinyal Kegagalan. Bila emosi-emosi ini sedang menguasai anda, maka potensi-potensi yang anda miliki akan tersumbat, kreativitas anda akan mampet dan semangat anda akan merosot, dan anda sedang berada pada jalur kegagalan. Emosi-emosi ini merusak dan merugikan bagi diri anda. Jangan biarkan emosi ini menguasai anda. Adalah lebih bijaksana anda segera merubah keberadaan emosi anda dengan merubah fokus pikiran anda. sehingga keadaan anda membaik.

Selain sinyal-sinyal negatif seperti diatas, terdapat pula sinyal positif yang dapat membimbing anda pada arah keberhasilan, sinyal ini muncul dalam bentuk :

1. Sense of direction atau kesadaran akan arah atau tujuan.
2. Understanding atau pengertian, pemahaman.
3. Courage atau Keberanian.
4. Esteem atau harga diri yang positif.
5. Self-confidence atau rasa percaya diri.
6. Self-acceptance atau bisa menerima diri sendiri

Anda sangat membutuhkan keberadaan emosi-emosi seperti ini, karena emosi ini adalah emosi yang membangkitkan semangat, dan membuka potensi terbesar yang anda miliki dan membangkitkan keberanian dalam melakukan tindakan nyata. Inilah Sinyal-Sinyal Keberhasilan. Anda harus memelihara emosi-emosi ini, dan mampu menghadirkan emosi ini setiap saat bila anda membutuhkan.

Kebanyakan orang mudah larut pada sinyal negatif ini, dan terjebak pada kondisi ini. Kembangkan kepekaan terhadap sinyal-sinyal ini, jika anda peka anda dapat dengan cepat mengetahui apa yang sedang terjadi pada diri anda. semakin cepat anda mengetahui sinyal negatif yang muncul, anda segera dapat melakukan perubahan.
Ingatlah bila anda merasakan emosi negatif, artinya apa yang sedang anda pikirkan tidak selaras dengan apa yang anda inginkan. Tindakan yang anda harus lakukan adalah merubah pikiran anda, dengan demikian merubah emosi anda.
Sekali lagi, pikiran yang di perkuat oleh perasaan akan menentukan nasib anda.

Bersambung …….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar