Sabtu, 19 September 2009

Menjaga Kesegaran Tubuh dan Pikiran

Seorang teman saya di Jakarta selalu berangkat jam 6 pagi agar tidak terlambat sampai di kantor, dan selalu pulang jam 9 malam sampai di rumah. Suatu hari yang panjang penuh kesibukan dan melelahkan. Dia tidak mempunyai waktu lagi untuk santai dan rileks, hari-harinya selalu sibuk yang membuat dia kecapaian dan bahkan merasakan stress. Dia berpikir untuk suatu hari mengambil cuti dari pekerjaan dan bertamasya dengan keluarganya sambil refreshing sehingga bisa beristirahat tanpa diganggu dengan kesibukan di kantor. Suatu saat Dia bertemu dengan saya menceritakan kondisi yang dia hadapi, lalu saya tawarkan gimana kalau kamu coba relaksasi saja, toh hal ini dapat di lakukan di mana saja, di rumah, di kantor, atau di sebuah taman dan juga tidak perlu mengeluarkan uang. Nampaknya dia tertarik dengan ide saya ini, dan bertanya gimana caranya itu ?..., baik… coba kamu dengarkan penjelasan saya ini ya. .
Untuk melakukan relaksasi, anda tidak perlu mengambil cuti beberapa hari dan pergi bertamasya ke suatu tempat. Anda dapat menggunakan waktu beberapa menit dalam sehari untuk melakukan relaksasi. Misalkan pada siang hari atau pada sore hari, atau malam hari menjelang tidur.
Mungkin anda bisa duduk secara santai atau berbaring di tempat tidur lalu pejamkan mata anda , bersikaplah rileks dan mulai , bayangkan otot–otot anda mulai mengendor, bayangkan dari dalam tubuh anda keluar uap panas , bayangkan semua beban yang anda alami mencair keluar dari tubuh anda, rasakan tubuh anda menjadi ringan, rasakan tubuh anda mulai kembali segar.
Bayangkan anda duduk diatas bukit menghadap samudera, burung-burung pantai terbang diatas gelombang yang mengalun pelan. Seekor burung hinggap di kejauhan, dengarkan kicau burung memanggil teman temannya, dengar suara ombak yang ada diskeliling anda, rasakan udara yang ada di situ serta rasakan hangatnya sinar matahari yang menghampiri tubuh anda.
Setelah anda merasakan rileks lalu bayangkan beberapa sasaran yang ingin anda kerjakan besok, simulasikan dalam bayangan mental anda apa saja yang akan anda lakukan, bayangkan wajah-wajah orang yang akan anda temui besok, tersenyumlah pada bayangan wajah itu, bayangkan diri anda sedang menjelaskan sesuatu kepada orang lain, bayangkan secara detail segala sesuatu yang ingin anda tampilkan agar sasaran anda tercapai. Sambil anda membayangkan lambat laun perasaan anda akan berubah dan menjadi rilek dan mulai bersemangat.
Mulailah dengan sepuluh menit, lakukan secara rutin. Bila anda sudah merasa nyaman tingatkan waktunya sedikit demi sedikit, mungkin di tambah lima menit lagi, lalu lima menit lagi dan seterusnya.
Lakukan ini setiap hari, agar anda mendapatkan manfaat antara lain, pertama anda akan merasa segar dan rilek, kedua mengembalikan semangat anda, ketiga membuat tubuh anda lebih sehat dan yang keempat bila tubuh dan pikiran anda rileks anda akan mampu bersabar dalam menghadapi situasi pekerjaan anda yang sulit.
Ada pepatah mengatakan tak kenal, tak sayang. Bila anda tidak mencobanya, anda tidak akan mendapatkan hasilnya, dan tentunya anda tidak tergerak untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar