Kamis, 24 September 2009

Kompetensi dan Percaya Diri

Keberhasilan seseorang tidak terlepas dari kompetensi yang di miliki. Semakin tinggi tingkat kompetensi seseorang, akan semakin mudah orang itu untuk meraih keberhasilan. Karena untuk berhasil anda harus menjual kompetensi yang anda miliki. Karena pembeli lebih menyukai dan membeli dari penjual yang berkompeten.
Kompetensi mencerminkan siapa diri anda dan seperti apa rasa percaya diri anda. Rasa percaya diri tidak tumbuh sendiri, dia tumbuh karena tingkat kemampuan anda juga meningkat. Ketika anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sudah pasti anda memilki kompetensi yang tinggi. Karena kompetensi dan percaya diri berjalan paralel.
Kepercayaan diri itu bersifat menular
, sewaktu anda berbicara dengan seseorang dengan penuh percaya diri, anda mentransfer energi positif kepada lawan bicara anda, maka orang itu akan terpengaruh oleh anda.
Kompetensi setiap orang bisa di tingkatkan hanya dengan terus-menerus mengembangkan tingkat pengetahuan dan keterampilan. Hal ini bisa diperoleh dengan belajar, belajarlah hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan anda, agar pengetahuan dan keterampilan anda meningkat.
Sesungguhnya belajar itu tidak mengenal batas usia, anda dapat belajar di usia berapa saja. Karena dunia ini terus berubah, ilmu pengetahuan juga terus berkembang, dan tuntutan pasar juga terus berubah, kita juga harus proaktif menghadapi perubahan lingkungan bisnis ini. Agar kita tidak terpinggirkan.
Janganlah anda memandang belajar itu hanya membuang waktu, membuang uang, menyita waktu anda untuk mendapatkan uang dan tidak penting. Tetapi ingatlah bahwa uang tidak dapat meningkatkan kompetensi anda, namun kompetensi anda lah yang dapat meningkatkan jumlah uang yang anda miliki. Stephen R.Covey mengatakan asalah gergaji anda sesering mungkin, dengan sering mengasah pikiran kita – belajar adalah mengasah pikiran - , maka pikiran kita akan lebih tajam dan mampu mengatasi berbagai masalah bisnis dan hidup.
Sesungguhnya Otak manusia dapat belajar apa saja, sepanjang kita serius dan memiliki tekad yang kuat. Adalah sebuah mitos belaka bila anda mengatakan bahwa anda tidak mampu belajar lagi, atau otak anda tidak sanggup lagi untuk belajar yang di sebabkan karena usia anda. apa pun alasan anda, itu hanya sebuah upaya untuk menghindar atau sabotase diri. Yang sebenarnya hanyalah suatu bentuk Kemalasan.
Tekad dan niat yang kuat, akan mengalahkan rasa malas ini, jika anda bertekad anda pasti bisa menyerap pelajaran-palajaran baru walaupun usia anda sudah diatas 40 tahun.
Bangun dan tingkatkan rasa percaya diri dengan meningkatkan kompetensi anda, dan kembangkan niat untuk belajar demi perkembangan kompetensi anda.
Sukses untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar