Sabtu, 05 September 2009

Berpikir Positif

Sudah banyak orang yang mengatakan kata-kata berpikir positif ini. Hampir setiap orang menganjurkan kepada orang lain atau teman-temannya untuk berpikir positif. Tetapi masih tetap juga banyak orang yang tidak berpikiran positif. Contohnya masih banyak orang yang suka berprasangka buruk kepada orang lain, bermusuhan degan orang lain, cemburu dengan orang lain. Mengapa demikian ?. rupanya kata-kata berpikir positif ini hanya merupakan hiasan saja dalam ucapan seseorang, dan tidak pernah di pahami secara mendalam, seperti apa berpikir positif itu. Inilah yang menjadi masalahnya.
Apa yang di maksud dengan berpikir positif, sebenarnya adalah sangat sederhana, di mana di dalam pikiran kita seharusnya terdapat kata-kata yang positif, seperti kebaikan, ketulusan, kasih sayang, kebersamaan, kesuksesan dan masih banyak yang lain. Selain kata-kata, seharusnya di dalam pikiran kita juga terisi gambaran-gambaran mental yang positif. Bukan gambaran tentang permusuhan, kebencian dan sebagainya.
Kalau pikiran kita terisi dengan kata-kata dan gambaran mental yang positif, itulah sebenarnya berpikir positif.
Kalau sekarang seandainya anda sedang membayangkan masa depan anda dan anda merasa cemas dan kawatir tentang masa depan anda itu, sebenarnya anda sedang dalam kondisi yang menyimpang dari berpikir positif.
Kalau anda menyadari bahwa pikiran anda sedang dalam kondisi berpikiran negatif, seharusnya anda segera membalikkan pikiran itu menjadi positif lagi.
Kalau tidak, anda akan larut dalam pikiran yang negatif. Karena sudah menjadi sifat pikiran, bahwa apa yang anda fokuskan akan di perbesar dan di lipat gandakan, akhirnya meluas sampai ke perasaan anda. perasaan anda pun ikut menjadi negatif.
Adalah menjadi tugas anda untuk selalu menjaga kondisi pikiran, dan hanya anda yang tahu apa yang sedang anda pikirkan. Jadi andalah yang seharunya merubah isi pikiran anda seandainya itu adalah pikiran negatif.
Problem utama untuk berpikiran positif adalah kesadaran. Kesadaran yang lemah, artinya anda tidak peka terhadap apa yang sedang muncul di dalam pikiran anda. dan inilah yang membuat anda menderita.
Berpikir negatif atau pun berpikir positif tergantung pada bagaimana anda menyadari keberadaan anda. oleh karena itu anda bisa melatihnya agar kesadaran anda bisa jauh lebih peka tehadap kondisi pikiran. Lakukan latihan untuk membangkitkan kepekaan kesadaran anda lewat latihan meditasi secara teratur dan berkesinambungan.
Kuasai pikiran anda, agar anda mampu menjaga tetap berpikiran positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar