Sabtu, 05 September 2009

Mutu Kehidupan

Bayangkan sejenak kualitas diri yang anda miliki saat ini yang menjadikan diri anda seperti apa adanya sekarang ini. Apakah anda merasa bahwa anda memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan orang lain, atau apakah anda lebih keras dalam bekerja di bandingkan dengan rekan – rekan se kantor. Setiap orang sudah pasti memiliki kualitas diri, apakah kualitas tersebut memberikan kepuasan dan kebahagiaan atau pun tidak kepada diri nya. Semuanya tergantung seperti apa kualitas diri anda yang anda miliki saat ini. Kualitas yang anda miliki akan menentukan Mutu Kehidupan anda, bila anda selalu mengalami kebahagiaan, kegembiraan, kedamaian, tentunya anda memiliki mutu kehidupan yang positif, bila sebaliknya, anda memiliki mutu kehidupan yang kurang baik. Anda akan cendrung murung, kurang semangat dan lesu. Bagaimana agar kita bisa memiliki mutu yang lebih baik di dalam kehidupan kita, hal ini tentunya harus dimulai dari dalam diri anda sendiri dengan mempraktekan kebiasaan Berpikir Positif, Komunikasi dan Keluwesan setiap hari.
Dengan berpikir positif terhadap diri sendiri, anda akan menemukan hal – hal yang positif di dalam diri anda, anda merasa mampu mengerjakan berbagai hal, anda merasa berkompeten dalam bidang pekerjaan anda, anda merasa sebagai orang yang kreatif, anda merasa hebat dalam mengerjakan pekerjaan anda. Dan ketika anda mengerjakan pekerjaan anda sesuai yang anda bayangkan tentang kehebatan yang anda pikirkan, anda akan merasa percaya diri, dan bersemangat. Dengan tanpa anda sadari anda akan merasa puas dengan diri anda sendiri, anda akan merasa menyukai diri anda, dan disinilah perasaan gembira dan bahagia akan menyelimuti anda. Dengan menemukan kegembiraan dan kebahagiaan yang bersumber dari dalam diri anda, inilah salah satu kualitas kehidupan anda.
Mutu kedua adalah komunikasi, komunikasi adalah response yang anda dapatkan dari orang lain, ketika anda berkomunikasi kepada orang lain, dimana orang tersebut merasa yakin dengan diri anda, dengan apa yang sedang anda sampaikan, dan timbullah kepercayaan kepada diri anda, disinilah keberhasilan anda dalam berkomunikasi. Bayangkan bagaimana anda akan berkomunikasi dengan orang lain, dengan sendirinya anda akan melakukan seperti yang anda bayangkan. Komunikasi yang baik, artinya anda harus mendapatkan response yang positif. Ketika response positif telah anda dapatkan, anda akan merasa hebat dan percaya diri, inilah bibit – bibit kegembiraan dan kebahagiaan.
Latihlah terus menerus bagaimana cara berkomunikasi yang baik, sehingga anda akan mahir sebagai ahli komunikasi. Komunikasi yang baik akan melahirkan hubungan – hubungan yang berkualitas, dan nasib anda dipengaruhi oleh kualitas hubungan-hubungan tersebut.
Keluwesan, anda bersikap terbuka ( open-mind ) terhadap ide atau gagasan baru yang lebih bermanfaat. Jangan anda keras kepada mempertahankan ide atau pendapat yang telah usang, yang membuat diri anda sulit untuk membebaskan potensi – potensi diri anda. Jangan sok tahu, karena anda akan berhenti untuk belajar, sedangkan dunia ini selalu berubah, kita pun harus merubah cara pandang kita agar kita ikut berpartisipasi dalam setiap perubahan di dalam kehidupan ini.
Milikilah cara pandang yang adaptif, dimana anda selalu terbuka terhadap informasi dan pengetahuan baru, kembangkan selalu rasa ingin tahu terhadap ide – ide baru. Lihatlah selalu pada apa yang benar dan bukannya pada siapa yang benar. Kalau anda adaptif terhadap hal - hal yang baru, anda pun akan bertindak dengan cara yang berbeda. Setiap tindakan selalu memberikan hasil, dengan tindakan yang berbeda, hasil yang anda dapatkan akan juga berbeda.
Mutu kehidupan anda, akan mempengaruhi keberhasilan dalam kehidupan anda, berpikirlah positif , jadilah master communicator, dan fleksible dalam berpikir serta bertindak yang positif, niscaya keberhasilan akan mengelilingi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar