Sabtu, 19 September 2009

Mengatasi Kesulitan Tidur

Anda tentu pernah mengalami kesulitan tidur, bukan ? ini adalah salah satu problem yang sering di alami orang.
Kesulitan tidur terjadi ketika pikiran anda sedang melayang keman-mana, sedangkan tubuh anda sudah mengisyaratkan untuk istirahat. Sewaktu anda ingin tidur, tetapi pikiran anda sedang memikirkan sesuatu hal atau banyak hal yang harus anda pecahkan, anda akan terus berpikir, anda akan sulit menghentikan pikiran ini. Karena pikiran anda berada pada masa depan.
Menurut para guru spiritual, kesulitan tidur itu di karenakan pikiran sedang tidak menyatu dengan tubuh anda. Dengan kata lain anda tidak sedang berada pada saat ini. Oleh karena itu anda harus berusaha untuk menyatukan pikiran anda dengan tubuh anda bila anda ingin lebih mudah tidur.
Bagaimana caranya menyatukan pikiran dengan tubuh ?
Mudah sekali, berbaringlah di tempat tidur, bersikaplah rileks, pejamkan mata anda, lalu mulai menarik nafas dan menghembuskan nafas secara alami, namun sadari apa yang sedang anda lakukan. Sadari nafas masuk dan nafas keluar. Fokuskan pikiran anda pada nafas ini.
Kemudian lanjutkan dengan menambahkan dengan affirmasi, dimana ketika anda menghembuskan nafas keluar, affirmasikan kalimat berikut ini : “ Saya tidur dalam damai, saya bangun dalam kegembiraan “. Kemudian tarik nafas lagi dan hembuskan nafas itu di sertai dengan affirmasi ini. Terus ucapkan kalimat ini sambil bernafas. Lambat laun anda akan tertidur dengan pulas.
Dengan berfokus pada nafas, anda sedang memasuki saat ini, anda tidak lagi bisa berpikir masa depan ataupun masa lalu. Karena pikiran hanya bisa memikirkan satu hal setiap saat. Maka ketika anda berfokus pada nafas, maka pikiran-pikiran yang lain akan minggir.
Selain itu, dengan menggucapkan affirmasi, sebenarnya anda memberikan instruksi kepada bawah sadar anda, dan ketika affirmasi ini di serap oleh bawah sadar maka Dia akan bereaksi memenuhi apa yang anda inginkan.
Ingatlah : bahwa bawah sadar itu bereaksi terhadap sugesti. Bila anda memberikan perintah dalam bentuk sugesti maka akan di laksanakan dan di manifestasikan.
Bila anda setiap malam melakukan praktek ini, dan praktek ini anda jadikan kebiasaan anda, maka anda akan lebih mudah untuk tidur pulas. Dan tidur pulas adalah kualitas tidur yang sangat bermanfaat dan baik bagi kesehatan anda. ketika anda tidur pulas, proses pergantian sel-sel di dalam tubuh anda akan terjadi lebih sempurna.
Semoga tulisan ini menyelesaikan problem anda, dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar