Sabtu, 19 September 2009

Hidup Sukses dan Kaya #3

Apakah anda telah menentukan pilihan-pilihan anda ? dan apakah anda telah mengambil keputusan terhadap pilihan-pilihan itu.
Saya percaya anda telah mengambil keputusan yang tepat untuk merubah kehidupan anda.
Sekarang saatnya bagi anda untuk menyusun tujuan dan sasaran yang hendak anda capai. Berdasarkan pilihan-pilihan anda, rubahlah keinginan anda menjadi sebuah tujuan atau sasaran. Misalkan anda ingin menduduki suatu jabatan Manager pada suatu perusahaan besar di kota anda. pertanyakan keinginan ini pada diri anda “ mengapa saya menginginkan ini ? “, anda harus menjawab pertanyaan ini sampai anda merasakan getara hati anda. Bila getaran ini belum muncul artinya anda harus merubah sasaran ini. Dan menemukan sesuatu yang lain yang benar-benar anda inginkan. Karena suatu keinginan yang muncul dari pikiran sadar saja bisa bertentangan dengan apa yang di inginkan hati anda, dan keinginan semacam ini tidak memberikan dorongan yang kuat.
Berusahalah terus menggali dari dalam diri anda, dan carilah apa yang benar-benar menjadi keinginan hati anda. sehingga anda akan menemukan apa yang sesungguhnya anda cintai untuk anda kejar. Karena pekerjaan yang anda cintai akan membuat anda bersemangat dan berprestasi lebih baik dari pada suatu pekerjaan yang setengah hati anda kerjakan.
Kuncinya adalah menyenangi dan mencintai pekerjaan anda, atau sesuatu yang anda sedang kerjakan.
Setelah anda menemukan sasaran yang tepat, buatlah suatu rencana tindakan. Sasaran yang besar tidak mungkin bisa kita capai dalam jangka waktu yang pendek, oleh karena itu, sasaran itu harus anda pecah menjadi sasaran kecil – sasaran bulanan dan sasaran harian. Misalkan anda ingin memiliki uang sebesar Rp.12.000.000,- selama satu tahun, maka setiap bulan anda harus menyisihkan uang anda sebesar Rp. 1.000.000,- . agar setiap bulan anda bisa menabung sebesar Rp. 1.000.000,- , maka setiap hari anda harus menyisihkan uang anda sebesar +/- Rp.34.000,-.
Setelah anda menetapkan sasaran harian, fokuskan pikiran dan tindakan anda untuk mengejar sasaran ini. Bila setiap hari anda mampu mencapai sasaran-sasaran harian anda, dan bila di kumpulkan maka setelah beberapa bulan atau tahun anda pasti bisa mencapai sasaran besar anda. jadi sesungguhnya sukses itu adalah memenangkan dan mengumpulkan sukses-sukses kecil yang anda dapatkan setiap hari.
Setiap orang yang sedang mengejar sasarannya, sering mendapatkan gangguan, dan gangguan utamanya adalah masalah fokus pikiran. Karena setiap hari berjuta-juta bite informasi yang masuk melalui panca indera kita, hal ini dapat mempengaruhi fokus pikiran kita. Oleh karena ini kita harus dengan bijaksana memilih setiap informasi yang masuk, dan hanya anda izinkan informasi-informasi yang bermanfaat dan mendukung sasaran anda saja yang boleh masuk ke dalam bawah sadar anda.
Bersambung …….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar