Sabtu, 05 September 2009

Kreativitas adalah Hak Anda

Sebenarnya anda adalah sebuah organisme penghasil ide, Kreativitas adalah hak asasi anda. Anda adalah seorang individu yang memiliki intelegensia yang tinggi dengan ide-ide cemerlang yang terus menerus mengalir sehingga dapat anda pergunakan untuk mencapai sasaran sasaran anda dan meningkatkan taraf kehidupan anda.
Orang yang kreatif adalah mereka yang secara teratur menempatkan diri mereka di sekitar ide-ide baru yang muncul dari berbagai sumber. Orang yang tidak kreatif yaitu orang yang sering mengalami kegagalan, adalah mereka yang terus mengulang - ulang berbagai ide lama yang sudah usang dengan sedikit sekali imajinasi dan krativitas.
Bagaimana seseorang bisa menjadi kreatif ? Agar anda mampu menghasilkan ide – ide kreatif anda harus mengisi pikiran anda dengan acuan – acuan baru dan segar. Orang orang kreatif selalu membaca dengan teratur. Tidak hanya terbatas pada bacaan tentang apa yang terjadi dalam bidang yang mereka geluti, tetapi juga bidang yang lain. Yang mereka baca terutama adalah bacaan ilmu pengetahuan yang berhubungan atau terkait dengan bidang pekerjaannya, biografi orang – orang sukses, kiat – kiat sukses dan lain sebagainya.
Mencari pengalaman-pengalaman baru, dan terus melatih diri. Anda harus membuka pikiran anda untuk menerima ide-ide dan pengalaman baru ( open mind ) dan jangan menutup diri atas kehadiran pengetahuan, dan informasi yang baru. Cara kedua yang bisa anda lakukan yaitu biasakanlah membaca dengan memegang pena atau spidol di tangan. Ketika anda mendapatkan pemahaman tertentu akan apa yang sedang anda baca, tuliskan hal itu, sehingga memperkuat pemahaman anda. Bila anda mendapatkan sebuah ide ketika anda sedang membaca, tuliskan ide tersebut dalam buku catatan anda. Jangan anda tunda – tunda ketika ide, gagasan serta pemahaman itu sudah muncul, tuliskan segera, karena dia muncul dalam waktu yang singkat dan kemudian menghilang.
Ketiga, bertanyalah kepada diri sendiri. Tuliskan masalah – masalah yang sedang anda hadapi, atau tuliskan sasaran – sasaran anda dalam bentuk pertanyaan dalam kalimat tanya yang spesifik agar terfokus, misalkan “ apa yang harus saya lakukan untuk melipat gandakan penghasilan saya dalam waktu 12 bulan ke depan ? “ . Dan jawablah pertanyaan itu dan paksakan diri anda untuk mencari sedikitnya 20 jawaban yang berbeda atas pertanyaan tersebut. Biarkan pikiran anda mengalir, kalau anda menemukan jawaban yang aneh dan tidak masuk akal tetap tuliskan saja. Setelah anda menuliskan jawaban tersebut, bacalah kembali jawaban tersebut, lalu berikan urutan prioritas yang mana yang akan anda kerjakan terlebih dahulu, pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Barulah anda bertindak sesuai prioritas ide anda itu.
Keempat, ide –ide itu sebetulnya selalu muncul dalam pikiran anda setiap saat, namun kebanyakan anda tidak memberikan perhatian karena anda terlalu sibuk bekerja, dan kurang percaya sehingga anda mengabaikan. Biasakan diri anda untuk mengambil waktu rileks, ketika anda rileks, anda akan lebih perhatian terhadap ide, dan gagasan yang muncul dalam pikiran anda.
Ketika pikiran anda sedang dalam keadaan tegang, sibuk, dan stress, pikiran anda akan buntu, ide – ide akan menghilang dari pikiran anda. Oleh karena itu, bila anda merasa buntu, tegang atau stress, tinggalkan pekerjaan anda sejenak dan rileks lah beberapa saat. Setelah tubuh dan pikiran anda kembali segar, ide – ide akan kembali mengalir.
Jadi anda adalah makhluk kreatif, kreatif adalah hak anda, dan buktikan melalui percobaan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar