Sabtu, 26 September 2009

Hidup Sukses dan Kaya #6

Keberuntungan anda terletak pada persiapan dan peluang.
Tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan – waktu, uang, pikiran dan energi - , kerja keras untuk meningkatkan kualitas diri adalah hal yang penting dalam mencapai keberhasilan. Sebagaimana kita ketahui bahwa sukses tidak terjadi dalam semalam, karena sukses adalah suatu proses pembentukan kebiasaan-kebiasaan baik yang membentuk suatu karakter pada diri kita.
Anda tentu mengenal Rudy Hartono, pemain bulutangkis dan juara All England beberapa kali di tahun tujuh-puluhan. Keberhasilannya sebagai juara tidak di raihnya hanya dengan berpangku tangan melainkan dengan kerja keras mempersiapan diri sebaik-baiknya. Melalui latihan yang rutin dan berkesinambungan akhirnya dia mampu membangun keunggulan dirinya, dan jadilah dia sebagai seorang Maestro Bulutangkis.
Keberhasilan anda juga demikian, anda harus membangun keunggulan diri anda, lewat belajar dan meningkatkan keterampilan dalam bidang anda, adalah cara untuk membangun kualitas diri. Anda harus ikhlas untuk mengalami penderitaan selama anda membangun keunggulan, karena pengalaman inilah akan membentuk karakter yang tangguh dan kuat menghadapi berbagai hambatan dan rintangan.
Janganlah anda menolak untuk belajar dengan berbagai alasan, misalnya usia - ku sudah terlalu tua, atau aku sibuk sekali dan lain sebagainya.
Selain itu, anda bisa belajar dari pengalaman anda sendiri, luangkan waktu untuk merenungkan apa yang telah anda lakukan hari ini, apakah sudah baik atau belum, temukan cara-cara memperbaiki kinerja anda lewat renungan ini. Berdialoglah secara rutin dengan diri anda sendiri, bila anda rajin berdialog maka segala jawaban atas problem-problem anda akan di berikan kepada anda.
Persiapkan diri anda sebaik-baiknya sambil menunggu peluang yang datang menghampiri anda.
Anda jangan menunggu peluang datang kepada anda, namun ciptakan peluang anda sendiri. Bagaimana caranya ?
Untuk mendatangkan peluang itu sangat sederhana sekali, cukup lakukan kebajikan kepada setiap orang pada lingkungan anda.
Perbuatan bajik yang anda lakukan misalnya dengan menolong, bersikap ramah, murah senyum, sikap ingin bersahabat dan pancarkan niat-niat baik kepada orang-orang di sekeliling anda. Dengan melakukan ini anda akan terhubung dengan orang-orang di lingkungan anda. Lalu akan meningkat menjadi persahatan baik dan pada akhirnya akan membentuk suatu network.
Lakukan tindakan-tindakan kecil namun bermanfaat untuk membantu orang lain, misalnya menolong teman mengatar ke dokter, memberi tumpangan kepada anak tetangga ketika anda pergi mengatar anak anda ke sekolah, mengajari rekan kerja anda untuk mengerjakan pekerjaannya dan lain sebagainya. Hukumnya adalah bila anda memberi, maka anda akan mendapatkan. Berikan manfaat kepada lingkungan anda. Dari tindakan-tindakan ini pasti akan muncul komunikasi dan persahabatan dan berlanjut menjadi network anda dan informasi tentang diri anda tentunya akan tersebar lewat orang-orang di sekeliling anda.
Bila anda mempersiapakn diri dengan baik, maka segalanya akan indah pada waktunya.

Bersambung …….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar