Sabtu, 19 September 2009

KEBERHASILAN YANG UTUH

Bagi saya sukses itu tidak hanya sekedar mencapai jabatan tertentu, memiliki banyak uang dan harta benda. Lebih dari itu sebetulnya sukses yang sejati adalah pengalaman yang lebih luas, yang meliputi empat bidang yaitu Fisik, Mental, Emosional dan Spiritual.
Jika ukuran sukses itu hanya uang, jabatan dan kempemilikan harta, ini sebetulnya masih merupakan sebagian kecil dari kesuksesan sejati.
Sebelum kita sukses secara fisik, yaitu dengan mencapai suatu jabatan tertentu, atau memiliki sejumlah uang tertentu. Kita harus terlebih dahulu mengembangkan dan tumbuh dalam bidang Mental, Emosional dan Spiritual, dan setelah itu barulah kita bisa tumbuh mencapai kesuksesan fisik - finansial.
Secara mental, kembangkanlah terlebih dahulu visi dan misi anda. Jika anda bekerja sesuai visi dan misi ini, disini anda terinspirasi dan termotivasi untuk melakukan bagi kepentingan orang lain, anda akan melakukan tindakan-tindakan yang terarah dan bermanfaat bagi orang lain. Disini anda tidak lagi berpikir apa yang seharusnya anda lakukan, tetapi anda berpikir apa yang bisa anda berikan atau anda layani bagi kepentingan orang lain. Dan tentunya anda akan bisa menikmati pekerjaan anda, anda bisa bersenang-senang ketika sedang bekerja, dan mengalami kebahagiaan dalam bekerja. Dengan suka rela anda akan mengembangkan keterampilan dan keunggulan diri anda. Ini penting karena apa pun yang anda kerjakan, adalah melayani orang lain dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada orang lain. Jika keterampilan dan keungulan anda tidak memadai, bagaimana anda bisa memberikan manfaat yang besar kepada orang lain. Orang yang bekerja hanya demi uang, bisa tepeleset untuk melakukan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain, dan hanya mencari keuntungan diri sendiri. Dan dalam jangka waktu panjang, sebetulnya akan merugikan dirinya sendiri.
Secara emosional, orang yang sukses mampu untuk mengendalikan dirinya sendiri, khususnya megendalikan emosi-emosi negatif yang sering mengelilinginya. Terlebih dahulu anda harus merasa berkecukupan dan merasa sejahtera. Bila anda memiliki perasaan berkecukupan dan sejahtera, sudah jelas anda akan berani menghadapi setiap resiko, tantangan dan hambatan. Demikian juga anda akan mampu untuk bertekun dan konsisten pada visi dan misi anda. Pada dasarnya kita bertanggung jawab sendiri terhadap emosi-emosi yang kita alami. Orang reaktif adalah orang yang kurang mampu mengendalikan emosinya, sehingga suasana di luar dirinya sangat mempengaruhi keberadaan emosinya. Ini sangat merugikan dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Orang akan menghindari orang-orang yang reaktif, mudah marah, sering menyalahkan orang lain, mudah curiga, mudah cemburu dan tidak bersahabat. Orang yang sukses tentunya mempunyai jaringan atau menjalin hubungan baik dengan setiap orang yang di kenalnya. Ini menguntungkan bagi perkembangan bisnis, karier dan pekerjaan anda.
Secara spiritual, anda meyakini benar apa yang menjadi visi dan misi anda. Dengan hanya membayangkan saja visi dan misi ini, anda sudah sangat bersemangat, dan ingin segera untuk melakukannya.
Orang yang spiritualnya tinggi akan senantiasa menghargai orang lain, memperlakukan orang lain sebagai orang penting, dan terus mengembangkan belas kasih kepada orang lain. Karena anda menyadari bahwa kesuksesan anda tidak terlepas dari hubungan dengan orang lain. Sikap-sikap inilah yang akan menjadi daya tarik sehingga orang-orang bersedia dengan suka rela mendekatkan diri dengan anda, membeli produk-produk yang anda hasilkan, dan menghargai karya-karya anda.
Setelah ketiga bidang ini tumbuh dan berkembang, kesejahteraan finansial dan kesehatan anda akan mengikutinya. Sebetulnya sukses itu lebih tepatnya bisa mengalami perasaan baik. Setiap hari anda bisa lebih banyak merasa percaya diri, merasa lebih bersemangat, lebih damai dan mengalami hidup yang menggairahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar