Sabtu, 26 Juni 2010

Self-Esteem yang Sehat

Self-Esteem adalah bagaimana anda menghargai diri anda sendiri. Pada kebanyakan orang akan lebih mudah untuk menilai kekurangan dirinya sendiri daripada berupaya untuk menemukan kelebihan dan kebaikan yang tersembunyi.
Umumnya orang melihat dirinya : kurang mampu, kurang cantik, kurang pandai, kurang kaya, kurang hebat dan masih banyak yang lain.
Berawal dari penilaian diri yang kurang memadai inilah, maka muncullah banyak masalah pada diri seseorang. Mereka akan merasa kurang puas pada dirinya sendiri yang mengakibatkan kurang percaya diri, dan kemudian munculah ketidak-bahagiaan dan tidak bebas.
Bila seseorang merasa tidak puas pada dirinya sendiri, dia akan kehilangan semangat dan menjadi orang yang sensitif dan mudah iri hati serta mudah marah. Ini adalah kondisi emosi yang kurang sehat bagi seseorang. Bila kondisi ini terus-menerus berlangsung, maka akan merusak diri sendiri dan juga akan mengganggu orang lain dan juga lingkungannya.
Misalkan jika anda seorang wanita, melihat teman anda lebih cantik dari pada anda, tentu anda merasa iri hati terhadapnya. Ketika anda merasa iri hati, sebenarnya anda sedang menilai diri anda sendiri secara negatif – berkekurangan. Bila perasaan kekurangan ini terus menerus anda pelihara, suatu saat anda akan tergerak untuk melakukan tindakan destruktif – sebagai contoh anda mungkin menyebarkan issue negatif tentang teman anda itu atau anda tergerak untuk menjelak-jelekkan orang itu di harapan orang lain.
Kalau anda seorang penjual bakso, kebetulan tetangga anda juga berjualan bakso juga, namun tempat usaha tetangga anda itu lebih ramai di kunjungi oleh pelanggan. Seperti apa perasaan anda ? kalau anda merasa tidak puas dan iri hati, sangat mungkin sekali anda akan menyebarkan issue negatif untuk menjatuhkan usaha tetangga anda itu.

Setiap orang memang perlu untuk memiliki self-esteem yang sehat, sebab keberhasilan seseorang terletak pada seberapa sehat self-esteem yang di milikinya, bukan seberapa banyak pengetahuan yang di milikinya.
Untuk memiliki self-esteem yang sehat, kita perlu menenggok ke dalam diri kita, mencari kelebihan dan kelemahan diri sendiri. Jika pencarian ini di lakukan maka suatu saat kita akan menemukan diri kita sendiri.
Selain itu kita perlu untuk menerima keadaan diri kita apa adanya, karena dari sinilah kita akan muncul kebanggaan pada diri sendiri dan rasa cintai pada diri sendiri.
Jika anda bisa mencintai diri anda sendiri, anda tidak akan mudah terpengaruh oleh orang lain, dan lingkungan anda. Anda tidak ikut-ikutan apa yang di lakukan oleh orang lain; anda akan mengerjakan hal-hal yang benar walaupun di sekeliling anda banyak yang tidak mengerjakan hal-hal yang benar, sebab anda tahu apa yang terbaik buat diri anda sendiri.
Orang yang memiliki self-esteem yang sehat, dia memiliki ciri-ciri seperti berikut :

1. Memiliki tujuan, sasaran dan misi hidup yang jelas.
2. Optimis dan selalu percaya diri.
3. Mampu bertekun dan sabar walaupun dalam keadaan yang sulit. Tidak mudah putus asa atau tidak mudah menyerah pada keadaan sulit.
4. Mampu menerima kegagalan dengan lapang hati dan mampu bangkit kembali.
5. Tidak mudah tersinggung atau tidak terlalu sensitif.
6. Mampu menghargai orang lain. Memiliki empati dan peduli kepada orang lain.
7. Tidak suka mengeluh, mengkritik dan menjelekkan orang lain.
8. Ketika hati kita tidak mudah terluka walaupun terjadi kritikan, komentar negatif, celaan dan perlakuan kurang baik dari orang lain.

Sekarang saatnya anda menilai diri anda sendiri, lihatlah apakah diri anda sudah sesuai dengan ciri-ciri tersebut diatas ?
Mulailah dari sekarang untuk melihat ke dalam diri anda sendiri, mencari dan berusaha menemukan potensi terbesar yang masih tersembunyi di dalam diri anda. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki potensi terbesarnya masing-masing, dengan ketekuntan dan keseriusan anda untuk mencari, suatu saat anda akan bertemu dengan diri anda sendiri, dan anda akan hidup lebih hidup …!!

Salam Bahagia dan Sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar