Jumat, 04 Juni 2010

Manusia adalah sebuah Sistem

Manusia di ciptakan dengan di perlengkapi segala peralatan dan sistem yang sudah build in di dalam diri nya. Manusia adalah sebuah sistem yang di kendalikan oleh pikiran. Pikiran adalah pikiran sadar rasional dan pikiran bawah sadar adalah otak dan system saraf.
Sistem Utama yang ada didalam diri manusia adalah pikiran yang terhubungan dengan fisik dan emosi.
Oleh karena itu apa yang sedang di pikirkan oleh seseorang akan tercermin pada tubuh dan emosinya. Jadi, sebetulnya apa yang kita sedang pikirkan akan di ekspresikan oleh tubuh dan di rasakan juga oleh tubuh.

Alat yang anda miliki :

Didalam buku The Seven Habits of Highgly Effective People, Stephen R. Covey mengatakan bahwa manusia memiliki :

1. Kesadaran diri
2. Imajinasi
3. Hati Nurani
4. Kehendak bebas.

Kesadaran diri adalah pikiran, dimana pikiran adalah suatu kekuatan yang memicu setiap perbuatan. Dengan mengetahui cara kerja pikiran kita, kita akan dapat memberdayakan diri kita sesuai dengan keinginan dan tujuan kita.
Imajinasi adalah gambaran mental yang kita bentuk di dalam pikiran kita. Imajinasi adalah jembatan komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.
Hati nurani adalah Prinsip dan nilai-nilai kehidupan kita. Manusia harus hidup berdasarkan Prinsip, dimana prinsip adalah kebenaran-kebenaran yang berlaku secara universal misalkan, berbuat baik, menghormati orang lain, integritas, bertumbuh, menolong orang lain, dan sebagainya. Sedangkan nilai nilai adalah sesuatu yang kita anggap penting untuk diri kita, misalkan kesehatan, achievement, kreatif dan sebagainya.
Kehendak bebas adalah bahwa manusia bebas menentukan pilihan-pilihan hidup dalam menjalani kehidupan nya, dimana setiap pilihan selalu mengandung konsekuensi dan tanggung jawabnya masing-masing.

Sistem yang anda miliki :

Dalam melakukan evaluasi diri dan juga dalam mengambil keputusan penting dalam kehidupan, seseorang akan menggunakan suatu sistem tertentu yang sesuai dengan dirinya, namun menurut Anthony Robbins, penulis buku Awaken The Giant Within, sistem utama dalam melakukan evaluasi diri yang efektif untuk di pergunakan adalah :

1. Kondisi mental dan emosional. Pada saat kita akan memberikan makna atau menilai suatu kejadian; demikian juga ketika kita akan mengambil suatu keputusan penting, kita harus berada dalam kondisi pikiran dan emosi yang rasional.

2. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada diri sendiri.
Bila anda menemui hambatan atau masalah, ajukan pertanyaan pada diri sendiri. Bila ada pertanyaan, selalu ada jawaban. Pertanyaan adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar kita.

3. Nilai-nilai Kehidupan.
Kemudi pada diri kita yang mengawasi, menjadi juri dan pemandu kita untuk meraih tujuan kita.
Kebahagiaan kita tergantung, bagaimana kita menyusun nilai-nilai kehidupan kita. Aturan-aturan dalam nilai-nilai yang terlalu membelengu akan mempersulit kita untuk mengalami kesenangan, dan bahkan akan mempermudah kita untuk mengalami kepedihan.
Nilai-nilai berfungsi sebagai :
a. Kompas Pribadi anda
b. Energi Pendorong anda
c. Landasan dalam Pengambilan Keputusan

4. Anggapan dan Keyakinan
Keyakinan akan membatasi atau membebaskan anda. Keyakinan yang positif dan memberdayakan akan mendorong kita untuk bertindak mengarah kepada tujuan kita. Sedangkan Keyakinan yang negatif atau tidak memberdayakan akan menghambat kita untuk meraih impian kita, dalam kata lain membuat kita tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu agar tujuan kita tercapai.
Orang yang memegang keyakinan yang negatif, akan selalu menunda-nunda, merasa malas, kurang percaya diri untuk mengejakan sesuatu.

5. Acuan Pengalaman atau Pengalaman-pengalaman yang menjadi acuan.
Kita perlu terus-menerus untuk belajar agar kita memiliki pengalaman-pengalaman yang memadai. Belajar bisa bersifat formal, informal maupun belajar dari pengalaman hidup sehari-hari. Otak kita perlu terus menerus kita isi dengan pengetahuan dan pengalaman baru, sehingga akan meningkatkan kemampuan kita.


Penghambat bekerjanya Alat dan Sistem :

Bila sistem tidak berjalan dengan baik atau terganggu menyebabkan keseimbangan terganggu, maka dapat mempengaruhi tubuh dan emosi.
Penyebab sistem tidak bekerja dengan baik adalah pikiran-pikiran yang negatif, sebab pikiran negatif itu ibarat suatu virus. Cara kerja virus adalah menghambat dan mengganggu.
Selain itu pikiran-pikiran negatif itu bertentangan dengan pikiran yang rasional, sebab bila anda berpikiran negatif anda akan cenderung melebih-lebihkan ketidak-mampuan anda sendiri, dan anda akan mudah ketakutan.
Jadi untuk bisa menghasilkan sesuatu yang baik, pikirkan kita juga harus baik, oleh karena itu sudah selayaknya pikiran-pikiran negatif itu harus di singkirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar