Sabtu, 26 Juni 2010

Nilai Diri ( Value )

Kalau anda membeli sebuah mobil, apa yang penting yang anda harapkan untuk di dapatkan dari mobil itu ? pasti suatu manfaat yang sebesar-besarnya yang di inginkan oleh setiap orang, Seperti manfaat yang bersifat fisik maupun yang bersifat emosional. Anda tentu senang kalau mobil itu mempunyai ketahanan mesin yang baik, body mobil yang kuat, tidak mudah rusak dan juga bisa memberikan peningkatan harga diri anda.
Nah.., kalau sekarang anda berhubungan dengan seseorang, seperti apa yang anda harapkan dari orang itu ? anda tentu ingin orang itu bisa memberikan peningkatan kualitas dan tarap hidup anda, bukan ?
Suatu hubungan yang merugikan, tentu anda akan hindari. Anda pasti menginginkan manfaat atau suatu nilai tambah dari hubungan itu.
Bila anda menginginkan suatu nilai tambah dari sebuah hubungan, orang lain pun tentu juga menginginkan hal serupa dari anda, sehingga hubungan itu bisa saling menguntungkan dan langgeng.
Untuk mencapai hal ini, sudah selayaknya anda meningkatkan kualitas diri anda terlebih dahulu sehingga anda menjadi sosok orang yang bernilai di mata orang lain. Dengan menjadi sosok yang bernilai dengan sendirinya akan banyak orang menyukai anda, sehingga anda memiliki banyak teman, ini akan berdampak mempermudah diri anda untuk meraih cita-cita anda.
Bagaimana kita meningkatkan Nilai Diri agar menjadi positif dan baik di mata orang lain dan terutama bagi diri anda sendiri ? nilai diri ini akan meningkat seiring dengan peningkatan kompetensi dan pelayanan anda bagi orang lain.

Pertama : Karya

Terlebih dahulu anda harus menetapkan spesialisasi bidang pekerjaan yang ingin anda tekuni. Kemudian anda harus mendalami bidang tersebut hingga anda mencapai kemahiran untuk bidang itu. Disini anda harus belajar terus-menerus untuk meningkatkan kompetansi anda. Dengan belajar dan menjadi mahir, anda akan mampu untuk menyajikan karya-karya yang berkualitas baik yang di butuhkan oleh banyak orang.
Misalkan anda adalah seorang tukang kayu yang membuat meubel. Dengan belajar dan mencoba membuat berbagai jenis meubel serta berupaya menyempurnakan kualitas dari meubel-meubel yang anda hasilkan, suatu saat anda akan mencapai kompetensi yang tinggi pada bidang itu.
Perlu anda ingat : Jangan menjadi orang yang tanggung-tanggung yang memproduksi suatu karya yang asal-jadi ( tidak berkualitas baik ). Bila ini yang anda lakukan, anda sudah memancarkan suatu Citra Diri yang kurang baik, dan dampaknya permintaan atau order dari orang lain akan sulit mengalir kepada anda.

Kedua : Pelayanan

Pada dasarnya kita hidup di dunia ini adalah untuk melayani orang lain. Nathan EldonTanner pernah mengatakan bahwa Melayani adalah ongkos sewa yang harus kita bayar untuk tinggal di dunia kita. Anda tidak akan bisa merasakan kepuasan batin sebelum anda benar-benar bisa melayani dengan sebaik-baiknya.
Kalau anda mendatangi kantor kelurahan untuk mengurus perpanjangan kartu tanpa penduduk ( KTP ), pelayanan seperti apa yang anda harapkan ?
Apakah anda ingin pegawai kelurahan itu bersikap ramah, tulus, peduli, lemah-lembut , baik dan murah hati kepada anda ? bila sikap-sikap seperti ini yang anda harapkan, cobalah anda memulai terlebih dahulu dari diri anda untuk orang lain. Bersikap ramah, tulus, peduli, lemah-lembut , baik dan murah hati kepada siapa saja yang anda temui.
Ingatlah : jangan meminta orang lain untuk ramah, tulus, peduli, lemah-lembuh, baik dan murah hati kepada anda. Tetapi berikan dahulu sikap-sikap sepeti ini kepada orang lain, maka anda akan mendapatkan apa yang anda harapkan itu.
Inilah kualitas pelayanan yang di butuhkan oleh setiap orang, termasuk diri anda. Bila anda mampu menyajikan pelayanan yang ramah, tulus, peduli, baik, ramah-tamah dan murah hati, maka anda akan memancarkan suatu Citra Diri yang sangat positif. Nilai diri anda akan meningkat di mata teman, keluarga, dan relasi-relasi anda.

Kalau anda mempunyai kompetensi yang baik, yang relevan yang di butuhkan oleh banyak orang dan cara anda melayani pun sangat baik, maka Nilai diri anda akan meningkat. Banyak orang akan mencari anda dan pada akhirnya anda akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan yang tinggi. Inilah yang akan meningkatkan self-esteem anda.
Anda harus sabar, berteguh hati dan tidak putus-asa saat menghadapi kesulitan dan tantangan yang berat sewaktu anda memulai membangun Nilai Diri ini. Sebab jerih payah anda akan selalu ada balasan yang jauh melampaui kesulitan-kesulitan anda.
Albert Einstein pernah mengatakan bahwa “ Jangan hanya mencoba untuk menjadi orang yang sukses, cobalah untuk menjadi orang yang berharga “.

Salam Bahagia dan Sejahtera.

1 komentar: