Senin, 28 Juni 2010

Apa manfaat Self-Esteem bagi anda

Mempelajari Self-Esteem adalah belajar untuk mengenali diri sendiri, belajar untuk melihat ke dalam diri sendiri, mencari dan menemukan potensi diri yang kita miliki.
Mempelajari Self-Esteem juga merupakan pengetahuan tentang bagaimana kita mempersepsikan – menggambarkan dan menilai – diri kita sendiri, maksudnya secara sadar memberikan penilaian-penilaian yang memadai dan positif pada diri sendiri, sebab penilaian anda sangat mempengaruhi sikap dan perilaku anda, bila anda mampu menilai diri anda secara memadai, realistik dan positif, maka harga diri – self esteem – anda akan meningkat.
William Shakespeare pernah mengatakan bahwa “ Kita tahu siapa diri kita, tapi tidak tahu seberapa besar potensi yang ada dalam diri kita “.
Kalau kita tidak mengenali benar keadaan diri kita – mengenali potensi-potensi yang kita miliki - hidup kita akan di selimuti oleh keragu-raguan dan menjalani hidup dalam kondisi untung-untungan, tanpa ada kepastian. Rasa percaya diri dan semangat kita akan berubah-ubah – naik dan turun – seiring dengan stimulus yang kita terima dari lingkungan. Ketika orang lain memberikan apresiasi kepada anda, maka anda akan bersemangat. Namun ketika orang lain mengkritik anda, anda akan down – self esteem anda akan merosot tajam.
Memiliki Self-Esteem yang sehat dan kuat adalah pondasi dari keberadaan diri kita. Apakah anda merasa bahagia atau tidak ; apakah akan sukses atau gagal ; apakah anda merasa puas atau kecewa di pengaruhi oleh seberapa sehat self-esteem anda.
Demikian juga Keberhasilan dalam hidup – baik dalam pekerjaan, karier dan bisnis - ini sangat di pengaruhi oleh self-esteem yang ada di dalam diri anda. Ketika anda tahu pasti siapa diri anda, dan apa yang anda mau, anda akan melaksanakannya dengan penuh rasa percaya diri. Pendirian ada tidak mudah goyah. Anda akan mampu untuk bertekun dan sabar dalam upaya untuk meraih tujuan serta sasaran anda. Anda tidak akan mudah untuk berputus-asa ketika mengalami kegagalan, anda akan bisa menerima kegagalan ini dengan lapang hati dan dengan penuh rasa percaya diri bangkit kembali.
Bila anda memiliki Self-Esteem yang sehat, anda tentu telah memahami benar keberadaan anda, anda tahu apa yang benar dan apa yang salah. Apa yang perlu di kerjakan dan mana yang perlu di hindari. Tidak peduli di sekeliling anda banyak yang tidak mengerjakan hal-hal yang benar, Tetapi anda akan mengerjakan sesuai kebenaran yang anda yakini. Anda tidak lagi mengikuti apa yang di lakukan oleh orang lain, tetapi anda melakukan sesuatu sesuai keyakinan anda sendiri.
Kalau anda membangun self-esteem yang sehat dan kuat, sebetulnya anda membangun kebanggaan pada diri sendiri, dimana secara sadar anda tahu dan menerima diri anda apa adanya serta memberikan apresiasi yang selayaknya. Oleh karena itu anda akan hidup penuh dengan gairah dan motivasi, anda akan memiliki keberanian untuk mengambil resiko dan inilah tenaga pendorong yang sangat kuat untuk meraih sasaran dalam hidup anda.
Di samping itu self-esteem yang sehat dan kuat akan membantu anda untuk meningkatkan posisi tawar yang lebih baik. Anda akan terlihat lebih bernilai di mata orang lain, sehingga orang lain tidak bisa memperlakukan anda secara tidak adil.
Untuk mengakhiri tulisan ini, ada sebuah ungkapan yang sangat baik untuk kita renungkan yang pernah di tulis oleh Eleanor Roosevelt : " No one can make you feel inferior without your consent.".

Salam Bahagia dan Sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar