Jumat, 04 Juni 2010

Bagaimana Mencapai Prestasi Puncak

Sukses tidak tergantung pada banyaknya pengetahuan yang anda miliki, namun lebih tergantung pada seberapa banyak tindakan yang anda lakukan. Bukan berarti pengetahuan itu tidak penting, tetapi dengan memiliki pengetahuan dan tidak melakukan sesuatu tindakan, apalah artinya.
Dengan melakukan tindakan yang mengarah pada sasaran anda, maka anda akan mendapatkan suatu hasil – entah itu hasil yang sesuai dengan keinginan anda atau yang bukan sesuai dengan keinginan anda.
Bila hasil yang anda harapkan tidak sesuai dengan yang anda inginkan, maka dia adalah umpan balik, di mana anda perlu memperbaiki diri dan melakukan tindakan berikutnya.
Namun dalam melakukan tindakan sering kali orang mengalami banyak hambatan, dan hambatan terbesar yang sering muncul adalah berasal dari diri sendiri – malas, bosan, menunda-nunda, kurang percaya diri dan sebagainya.
Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana saya bisa terus menerus bergairah dalam bekerja ? bagaimana saya bisa mencapai prestasi tertinggi saya ? bagaimana saya bisa mengatasi kemalasan ?
Setiap orang memiliki kemampuan untuk mencapai prestasi yang mengagumkan, setiap orang bisa membangun gairah yang berkobar-kobar, setiap orang punya kemampuan untuk mengatasi kemalasan. Ini semua tentu ada persyaratan yang perlu di penuhi, dan agar anda bisa berada pada kondisi puncak dan bergairah sepanjang waktu, maka anda perlu mengembangkan sumber daya berikut ini :

Tujuan

Agar anda bersemangat dan bergairan, anda harus memiliki suatu tujuan yang jelas, pasti, masuk akal dan anda percayai bahwa itulah sasaran yang seusai dengan kemampuan diri anda.
Sasaran ini harus merangsang emosi anda, dengan demikian anda akan tergerak untuk bertindak. Sasaran yang tidak jelas, tidak masuk akal dan tidak anda yakini, tidak akan bisa menggerakan anda untuk bertindak.
Bagaimana anda akan bersemangat dan bergairah, kalau anda sendiri tidak tahu apa yang menjadi sasaran anda. Jadi anda tidak mungkin akan berada pada kondisi puncak bila anda tidak memiliki sasaran. Itu mustahil terjadi.

Fokus

Dengan memiliki tujuan, anda pun harus memfokuskan pikiran dan tindakan anda hanya pada sasaran yang sudah anda tetapkan.
Semakin anda fokus, maka jalan keluar untuk mencapai sasaran itu semakin terbuka. Bila jalan keluar telah terbuka, andapun akan semakin bersemangat lagi.
Anda tidak boleh lagi mengalihkan fokus anda, bila itu terjadi maka anda akan kehilangan momentum, dan juga akan menghambat keberhasilan anda sendiri.
Jadi, Jagalah fokus anda agar tidak melenceng.

Tubuh

Kalau anda merasakan diri anda dalam kondisi lesu, loyo, dan kurang semangat; segeralah untuk mengubah state ( keadaan ) anda. Jangan membiarkan keadaan ini berlarut-larut.
Semangat bisa anda ciptakan sendiri, dengan cara merubah postur tubuh anda. biasanya kalau anda loyo, kurang semangat dan lesu, postur tubuh anda agak lunglai dan menunduk. Mata kelihatan redup. Muka masam. Untuk ini, cobalah bangkit dan gerakkan tubuh anda. Pandanglah ke atas dan tariklah nafas dalam-dalam.
Pikiran yang stres menyebabkan otot-otot tubuh tegang, dan untuk melepas stres tubuh, dengan cara berolah raga.
Kalau anda merubah postur tubuh anda, maka suasana hati anda akan berubah, anda akan kembali bersemangat.
Oleh karena itu biasakan setiap hari untuk berolah raga agar tubuh dan pikiran anda segar kembali. Pikiran dan tubuh yang segar akan mempengaruhi kondisi emosi anda.

Mempertahankan perasaan sukses

Untuk mempertahankan rasa percaya diri dan semangat anda tetap konstan dan memiliki daya dorong yang memadai untuk memacu kinerja anda, lakukan visualisasi sebagai berikut :
Pertama-tama, buatlah diri anda rileks dan nyaman, pejamkan mata anda, aturlah nafas anda sedemikian rupa sampai anda merasa nyaman.
Bayangkan kembali pengalaman-pengalaman sukses yang pernah anda alami di masa lampau, misalkan anda pernah sebagai juara kelas atau pernah mendapatkan piagam atas prestasi penjualan melampau target dan lain sebagainya. Saya percaya setiap orang pasti pernah mengalami suatu pengalaman sukses, entah apa bentuknya pasti di milikinya.
Ketika anda membayangkan pengalaman ini lihatlah dengan jelas apa yang terjadi waktu itu, dengarkan apa yang di katakan orang-orang di sekeliling anda waktu itu dan rasakan suatu perasaan yang pernah anda rasakan waktu itu. Nikmati pengalaman ini persis sama seperti dulu waktu anda mengalaminya. Dengan melakukan hal ini perasaan senang dan gembira akan muncul kembali dan mendorong rasa percaya diri anda menguat.
Teknik ini sangat efektif untuk memelihara rasa percaya diri dan membangkitkan semangat. Ingatlah, bila anda melakukan sesuatu entah itu menjual atau mengerjakan pekerjaan di kantor, tanpa di sertai dengan keyakinan dan semangat, maka hasil yang anda peroleh akan kurang memuaskan.

Memilih lingkungan yang tepat

Lingkungan yang baik akan mendorong semangat anda, sebaliknya lingkungan yang buruk akan melemahkan semangat bahkan bisa menjatuhkan rasa percaya diri anda.
Anda harus jeli memilih lingkungan bagi diri anda. Bila lingkungan anda selama ini tidak mendukung tujuan dan sasaran anda, sudah sepantasnya anda harus beralih ke lingkungan lain yang lebih mendukung.
Pilihlah komunitas-komunitas yang sesuai dengan tujuan anda, misalkan anda bergelut dalam bidang komputer, pilihlah komunitas IT.

Relaksasi

Luangkanlah waktu untuk relaksasi setiap hari.
Luangkanlah waktu untuk berekreasi – rekreasi keluarga.
Luangkanlah waktu untuk meditasi – perenungan
Luangkanlah waktu untuk bersosialisasi.
Semuanya ini bertujuan untuk melepaskan kemelekatan pada pikiran dan emosi yang negatif, agar menjadi segar dan jernih.

Untuk berada pasa prestasi puncak, dibutuhkan keadaan emosi ( emotional state ) yang baik, sebab kondisi emosi inilah yang mendorong terjadinya suatu tindakan. Dan tindakan yang mengarah pada sasaran itulah yang mempunyai peluang untuk keberhasilan.
Kondisi emosi seseorang sangat di pengaruhi oleh Pikiran dan Tubuh. Bila pikiran dan tubuh dalam keadaan baik ( positif dan sehat ) tentu, emosi orang itu akan baik pula.
Jadi kunci untuk mencapai prestasi puncak, kita harus mengkondisikan pikiran kita agar tetap positif, mengkondisikan pikiran pada suatu sasaran tertentu, mengkondisikan pikiran kita agar tetap jernih, sehingga kita dapat melihat ke depan dengan pandangan cerah.
Selain itu kita juga perlu menkondisikan tubuh kita dalam keadaan sehat, segar dan bugar yang bisa membuat suasana hati senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar