Kamis, 23 Desember 2010

Memperkuat citra diri positif

Cara anda memandang diri anda sendiri adalah cara orang lain akan memandang anda. Kalau anda ingin orang lain memandang positif terhadap diri anda, tidak ada jalan lain kecuali anda harus merubah pola pikir, dimana anda harus mulai berpikir positif terhadap diri sendiri – memandang positif pada diri sendiri. Memandang kemampuan diri sendiri juga secara positif.
Satu unsur mutlak yang penting untuk mencapai keberhasilan adalah citra diri positif. Sebab dunia ini beroperasi atas dasar hukum daya tarik : siapa dia anda dan apa yang anda pikirkan akan menarik kondisi-kondisi yang sama.
Bila anda mempunyai citra diri yang negatif, anda menarik hasil-hasil yang negatif. Bila citra diri anda positif, anda menarik hasil-hasil yang positif.
Memilih untuk memperkuat citra diri positif adalah kemungkinan yang mengagumkan dan keuntungannya akan anda nikmati seumur hidup.

4 langkah memperkuat citra diri yang positif :

1.      Sadarilah kekuatan impian.

Temukan impian yang sangat penting dimana anda bersedia mengabdikan diri untuk mencapainya.
Impian memberi anda kemampuan untuk melihat kemungkinan, memvisualisasikannya sebagai sesuatu yang dapat di capai, dan mengubahnya menjadi kenyataan.

2.      Kerinduan untuk meraih impian.

Kerinduan membangkitkan motivasi, mengobarkan semangat, memacu kreativitas, dan mendorong kita untuk bertindak. Peliharalah kerinduan anda dengan menetapkan tujuan dan sasaran yang anda yakini segenap hati.

3.      Gunakan kebebasan memilih.

Bila anda ragu-ragu, orang lain yang akan memilihkan untuk anda, mengarahkan anda pada sasaran mereka, bukan sasaran anda sendiri. Bila anda takut, pilihlah keberanian. Bila anda sering menunda-nunda, pilihlah untuk bertindak saat ini juga. Bila anda selalu menunggu orang lain memimpin anda, berinisiatiflah sekarang.
Anda mempunyai kebebasan untuk memilih. Pilihlah jalan hidup anda sendiri dan bertanggung jawablah terhadapnya.

4.      Sadarilah siapa diri anda.

Kenalilah diri anda sendiri. Tidak ada hal yang paling memuaskan kecuali mengenali siapa diri anda yang sebenarnya. Dengan mengenali diri sendiri anda akan menemukan kebebasan untuk mengarahkan hidup anda sendiri. Bebas untuk memilih impian dan sasaran yang anda sukai.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar