Kamis, 23 Desember 2010

Membuat Karir Terus Melaju

Saya percaya bahwa setiap orang tentu menginginkan karirnya terus maju dan meningkat lebih pesat lagi. Meningkatnya karir bukanlah bukanlah datang dengan sendirinya secara kebetulan, tetapi harus di upayakan dengan penuh disiplin dan kerja keras. Itupun juga harus di sertai dengan pemahaman tentang  prinsip-prinsip yang mengendalikan kemajuan karir seseorang itu.
Prinsip-prinsip ini memegang peran yang besar bagi kemajuan karir seseorang, bila kita bekerja tanpa mengenal prinsipnya kita akan salah arah dan sampai pada tujuan yang salah.
Bagi anda yang ingin karirnya melaju dengan pesat, hendaknya membaca dan merenungkan prinsip-prinsip di bawah ini :

1.      Bekerja melebihi upah yang anda terima

Kalau saya boleh jujur, sesungguhnya bukan pekerjaan yang membutuhkan kita, namun sebaliknya kita lah yang membutuhkan pekerjaan. Mengapa ? Kita butuh untuk mengekspresikan diri, mengekspresikan kemampuan dan bakat kita. Kita membutuhkan penerimaan, pengakuan dan penghargaan.
Sebelum kita menunjukkan kemampuan-kemampuan kita, jangan mengharapkan orang akan memberikan perhatian apalagi pengakuan dan penghargaan.
Dalam bekerja pada sebuah perusahaan, bila kita tidak menunjukan dulu kemampuan-kemampuan yang kita miliki, tidak mungkin kita mendapatkan perhatian dan penghargaan dari atasan kita.
Saya sering menyaksikan banyak karyawan perusahaan yang enggan untuk menampilkan diri terbaiknya hanya karena berhitung soal gaji. Mereka tidak mau bekerja lebih banyak daripada gajinya yang di terimanya. Oleh karena itu mereka pada akhirnya menjadi orang yang rata-rata dan kurang mendapatkan perhatian dari perusahaan.
Kalau kita ingin sukses dalam berkarir, kita harus memiliki kerelaan untuk melakukan lebih banyak pekerjaan melebihi gaji yang kita terima. Apa yang kita lakukan akan terlihat istimewa di mata perusahaan, dan unjung-unjungnya perhatian itu akan tertuju kepada kita.
Kita harus ingat bahwa bila kita mengharapkan yang terbaik untuk diri kita, tentu nya kita juga harus memberi kan yang terbaik dari diri kita. Ini sudah hukumnya.

Beberapa aplikasi praktis dari sikap ini adalah :
  • Anda harus merasa bangga pada pekerjaan itu.
  • Datang lebih awal untuk mempersiapan segala sesuatu.
  • Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
  • Bekerja lebih produktif.
  • Bekerja dengan disiplin
  • Bekerja lebih efisien
  • Bekerja lebih efektif.
  • Belajarlah untuk mengatasi masalah-masalah yang anda hadapi.
  • Belajar lah untuk bertanggung jawab. Jangan pernah menimpakan kesalahan kepada orang lain atas berbagai masalah yang muncul.

Kuncinya :  Lakukanlah selalu lebih banyak dari yang sudah di upahkan kepada anda.

2.      Meningkatkan Kompetensi

Untuk bisa bekerja lebih baik, kita tentunya harus mempunyai alat yang baik. Alat ini kita kenal dengan pengetahuan dan keterampilan. Alat ini pun harus sesuai dengan bidang yang sedang kita kerjakan.
Bila kita berada di dalam sebuah perusahaan, amatilah tiap-tiap bagian yang ada di perusahaan tempat kita bekerja, bertanyalah apa yang harus di kerjakan, kemudian cobalah untuk ikut melakukan sama seperti mereka.
Pesannya adalah belajarlah apa yang di lakukan oleh masing-masing bagian, dengan belajar kita akan mengetahui dan mampu mengerjakannya.
Bila kita terus belajar, pada akhirnya kita akan memiliki kemampuan yang memadai. Bila kita melakukan melebihi apa yang di bayarkan kepada kita, tentu perusahaan akan memberikan perhatian lebih kepada diri kita.
Oleh karena itu jangan segan-segan untuk terus mempelajari setiap aktivitas pada tiap-tiap bagian di perusahaan itu, sampai akhirnya kita mengusasi benar operasi perusahaan itu.
Jangan melihat berapa besarnya gaji yang kita terima saat ini, lalu menghalangi kita untuk mengetahui dan belajar tentang seluk-beluk operasi perusahaan secara keseluruhan. Kita harus berupaya terus-menerus mengisi pengetahuan dan keterampilan untuk bisa menangani berbagai permasalah yang ada di perusahaan itu, agar kita menjadi pribadi yang menarik di mata perusahaan.
Bila kita memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentu nilai diri kita akan meningkat dengan sendirinya.

3.      Pelajari seluk beluk perusahaan

Tidak hanya mempelajari apa yang ada di dalam perusahaan, kita pun juga harus mempelajari apa yang ada di luar perusahaan.
Setiap perusahaan tentu memiliki pelanggan, pemasok, pesaing dan juga hubungan dengan masyarakat setempat. Ini semua harus kita pelajari agar secara keseluruhan kita mengetahui operasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

4.      Mintalah lebih banyak tugas untuk di kerjakan

Saya senang untuk belajar apa saja, bila saya di berikan kesempatan untuk membantu pekerjaan bagian lain, dengan senang hati saya menerimanya. Karena saya bisa belajar lebih dalam lagi tentang pekerjaan itu. Ini bukan tindakan yang sia-sia, tetapi memberikan keuntungan yang besar buat perkembangan karir saya sendiri.
Sering-seringlah bertanya kepada atasan : apa lagi yang bisa saya kerjakan ?. inilah pertanyaan yang menantang, yang menggerakkan atasan kita untuk mempercayai kulitas diri kita.
Jadi, jangan segan-segan untuk meminta tambahan pekerjaan, karena apapun yang kita kerjakan itu sesungguhnya untuk kepentingan diri kita sendiri, untuk perkembangan keterampilan buat kemajuan diri kita sendiri.
Hanya dengan cara inilah, kita bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa kita mempunyai kemampuan lebih, bila kemampuan kita sudah di akui oleh perusahaan , maka dampaknya akan sangat menguntungkan buat diri kita.

5.      Mintalah tanggung jawab lebih besar

Adalah suatu penghargaan buat diri kita, bila perusahaan mau memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada kita. Tanggung jawab yang di berikan kepada kita juga merupakan bukti bahwa perusahaan telah memberikan kepercayaan kepada kita.
Kalau kita sudah merasa mampu, mintalah tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya, dan buktikan dalam perfomance kita. Jika kita mampu membuktikan bahwa kinerja kita sangat memuaskan, kita akan bisa melangkah ke tangga yang lebih tinggi lagi.
Janganlah kita hanya bersedia menerima kenaikan gaji, tetapi tidak bersedia menerima kenaikan tanggung jawab. Bila kita ingin lebih sukses, kita harus bersedia menerima tanggung jawab yang lebih besar.

6.      Siap menerima tugas apa pun

Kalau kita bekerja pada sebuah perusahaan, kita harus siap menerima tugas apa pun. Jangan memilih untuk mengerjakan tugas tertentu saja, tetapi semua tugas yang di berikan kepada kita adalah baik adanya. Kita dapat belajar dari setiap bagian yang di tugaskan kepada kita. Kalau kita mau menjadi seorang pemimpin perusahaan, kita harus tahu seluk beluk perusahaan sampai keseluruh bagian pekerjaan.

Selama 14 tahun saya bekerja pada sebuah bank swasta, saya telah mendapatkan mutasi sebanyak 7 kali pada kantor cabang yang berbeda, semuanya pada kota yang berbeda. Di setiap cabang dimana saya betugas, saya selalu mendapatkan pengalaman baru yang memperkaya wawasan, pengetahuan dan keterampilan saya sebagai pemimpin cabang.
Saya pernah di beri tugas untuk membuka dua kantor cabang yang baru, di Banda Aceh dan di Tanjung Pinang. Membuka kantor cabang yang baru bukanlah urusan yang mudah, saya harus mengawasi renovasi gedung, mengurus perizinan di wilayah setempat, merekrut karyawan baru, memberikan training, dan mencari nasabah. Ini semua adalah pengalaman yang sangat berharga buat diri saya.

Jadi kalau kita ingin maju dan karir kita sukses, kita harus bersedia menerima tugas apa pun yang di bebankan kepada kita. Karena setiap tugas ini juga merupakan ujian yang harus kita lewati sebelum kita benar-benar meraih keberhasilan. Bila kita mampu menjawab semua soal ujian ini, tentu kita akan lulus.

7.      Terus Belajar

Segala hal itu selalu berubah, karena tidak ada yang permanent, yang ada adalah perubahan. Perubahan selalu memberikan dua kemungkinan, pertama mungkin kita menganggap bahwa itu akan menjadi ancaman, kedua mungkin kita menganggap itu sebagai peluang. Disini sudut pandang kita yang menentukan apakah perubahan itu akan menjadi peluang atau ancaman, tergantung bagaimana kita memandangnya.
Yang jelas, perubahan itu akan terus terjadi, soal itu ancaman atau peluang itu urusan anda sendiri. Demikian juga di dalam organisasi perusahaan selalu dinamis mengikuti perubahan. Bila perusahaan statis, maka itu tanda-tanda perusahaan akan tutup.
Untuk mengikuti perubahaan organisasi perusahaan, kita juga di tuntut untuk berubah, bila tidak, kita akan tersingkir. Agar kita mampu untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi pada perusahaan kita harus terus belajar. Kita harus terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan tentunya sikap mental kita – kembangkan sikap mental yang positif.
Jangan pernah berhenti belajar kalau kita ingin terus berkembang, belajar tidak mengenal batas usia, kita bisa belajar sampai tua.

Sampai saat ini, saya sendiri masih terus belajar untuk mengupdate pengetahuan dan keterampilan saya. Sedikitnya beberapa jam saya gunakan untuk membaca setiap hari.

Bila anda mengikuti prinsip ini, anda sudah berada pada jalur yang benar. Dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip ini, semoga karir anda melaju dengan pesat.

1 komentar:

  1. pak, saya salah satu mahasiswa universitas negri di jakarta.saya sangat mengagumi dan menghargai sekali tulisan bapak ini. karena sangat membangun, semoga apa yang saya baca dan saya renungkan ini dapat senantiasa selalu saya terapkan dalam kehidupan saya. saya akan sangat senang bila bapak dapat terus membagi pengalaman bapak melalui blog bapak ini :) .

    BalasHapus