Minggu, 04 Juli 2010

Apa manfaat Citra Diri bagi anda

Ketika anda tahu pasti siapa diri anda, dan apa yang anda mau, anda akan melaksanakannya dengan penuh rasa percaya diri. Pendirian ada tidak mudah goyah. Anda akan mampu untuk bertekun dan sabar dalam upaya untuk meraih tujuan serta sasaran anda. Anda tidak akan mudah untuk berputus-asa ketika mengalami kegagalan, anda akan bisa menerima kegagalan ini dengan lapang hati dan dengan penuh rasa percaya diri bangkit kembali.
Sebaliknya bila anda tidak mengenali diri anda, maka anda akan hidup penuh dengan keragu-raguan, ketakutan, kecemasan dan menjalani hidup berdasarkan untung-untungan semata. Dan inilah yang membuat hidup anda semakin tidak tenang dan damai.
Dalam kehidupan kita sehari-hari – baik dalam pekerjaan, karier dan bisnis - sangat di pengaruhi oleh Citra Diri kita sendiri. Seperti apa anda menggambarkan dan menilai diri anda sendiri, maka itulah yang akan menjadi siapa anda yang sebenarnya.
Kalau anda merasa tidak layak untuk berhasil dalam hidup ini, sudah pasti kegagalan berada pada genggaman tangan anda. Anda akan menemukan jalan untuk menuju pada kegagalan.
Sebaliknya jika anda percaya pada kemampuan yang anda miliki, dan juga anda tahu dengan jelas serta pasti apa yang menjadi sasaran dalam hidup anda, maka kemungkinan untuk berhasil sangatlah tinggi.
Jadi sesungguhnya keberhasilan atau kegagalan itu kita sendiri yang menciptakannya, lewat pembentukan citra-citra di dalam pikiran.

Menurut Maxwell Maltz., penulis buku Psycho-Cybernetic mendefinisikan bahwa Citra Diri adalah suatu ide atau kepercayaan tentang diri sendiri yang terbentuk dalam gambaran mental yang di yakini sebagai kebenaran pada diri sendiri, dengan kata lain Citra Diri merupakan Gambaran tentang diri atau konsepsi anda sendiri : “ seperti apa aku ini ? “.
Mempelajari Citra Diri adalah belajar untuk mengenali diri sendiri, belajar untuk melihat ke dalam diri sendiri, mencari dan menemukan citra-citra yang sesuai dengan diri kita.
Mempelajari Citra Diri juga merupakan pengetahuan tentang bagaimana kita mempersepsikan – menggambarkan dan menilai – diri kita sendiri, maksudnya secara sadar memberikan penilaian-penilaian yang memadai, realistik dan positif pada diri sendiri, bukan suatu penilaian yang fiktif. Sebab penilaian anda terhadap diri sendiri sangat mempengaruhi sikap, perilaku, perasaan dan kemampuan-kemampuan anda, bila anda mampu menilai diri anda secara memadai, realistik dan positif, maka anda akan memiliki rasa percaya diri yang sehat serta bersemangat.
Membangun Citra Diri yang memadai, realistik dan positif merupakan pondasi dari keberadaan diri kita. Apakah anda merasa bahagia atau tidak ; apakah akan sukses atau gagal ; apakah anda merasa puas atau kecewa ; apakah anda merasa bebas atau terbelenggu, di pengaruhi oleh citra-citra yang anda bentuk di dalam pikiran anda. Oleh karena itu bila anda mengubah citra-citra yang negatif yang selama ini anda genggam maka anda akan mengubah keseluruhan hidup anda.
Upaya anda untuk mengubah citra diri akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anda, tidak ada upaya yang serius yang tidak menghasilkan manfaat.

Apa Manfaat Citra Diri yang Memadai, Realistik dan Positif ? :



 Rasa Percaya Diri

Bila anda mengetahui potensi diri anda, maka anda akan lebih percaya diri, dan inilah kunci utama keberhasilan seseorang.

 Semangat dan Gairah Hidup

Kalau anda mengetahui potensi diri anda, anda akan hidup lebih bersemangat dan penuh gairah.

 Keberanian

Ketika rasa percaya diri itu tumbuh, anda akan berani merealisasikan apa yang telah menjadi tujuan dan sasaran hidup anda. Anda akan berani mengambil resiko.

 Kebebasan

Ketika anda telah menemukan potensi diri serta merasa percaya diri, anda akan merasa hidup lebih bebas, bebas dari ketakutan dan keraguan.

 Harga Diri ( Self-Esteem )

Bila anda menerima keberadaan diri anda, menerima kelebihan maupun kekurangan diri anda, anda akan mencintai diri anda. Rasa cinta pada diri sendiri inilah yang menjadi landasan untuk menjadi diri sendiri. Dan ketika anda mampu menjadi diri sendiri, maka self-esteem anda akan meningkat.

 Kedamaian dan Kebahagiaan

Dengan menemukan siapa diri anda – menemukan citra-citra yang memadai, realistik dan positif – pintu kebebasan terbuka untuk anda, dimana anda akan bisa merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Anda bisa bahagia dengan keberadaan diri anda sendiri.

 Keberhasilan dalan hidup

Kunci keberhasilan dalam hidup adalah percaya pada diri sendiri, untuk mempercayai diri sendiri, kita perlu menggali dari dalam diri untuk menemukan potensi diri yang tersembunyi.
Dengan membangun citra diri yang memadai, realistik dan positif, sesungguhnya anda membangun jalan keberhasilan diri anda sendiri.

Akhir kata, Jangan biarkan citra-citra negatif mengusai pikiran anda; Change your self-image, change your life. Dengan mengubah citra diri menjadi memadai, realistik dan positif, maka buah-buah manis akan anda petik di masa yang akan datang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar