Sabtu, 08 Mei 2010

Mengumpulan Energi Sukses

Untuk mencapai keberhasilan dalam mencapai impian-impian anda, tidak cukup hanya mengandalkan kemauan belaka, tanpa adanya dorongan dari dalam kita akan kehilangan semangat dan motivasi. Dorongan yang mempunyai kekuatan luar biasa adalah dorongan emosi. Sebab ketika pikiran menginginkan sesuatu dengan di perkuat oleh perasaan maka akan membangkitkan keberanian untuk bertindak
Untuk mencapai apa yang menjadi impian anda, anda membutuhkan energi yang mendorong anda, untuk bergerak dan lari mengejar impian anda.
Tanpa energi pendorong anda akan lesu dan tak bersemangat, dan membiarkan sasaran itu lepas dari perhatian anda.
Anthony Robbins dalam bukunya Awaken the Giant Within menyampaikan bahwa terdapat sepuluh emosi yang berkuasa sebagai energi yang mampu mendorong seseorang untuk sukses, kesepuluh emosi itu adalah :

1. Kasih

Kalau anda mengasihi seseorang maka akan ada orang lain yang akan mengasihi anda, ini merupakan hukum alam, dan hukum alam tidak akan pernah meleset. Dunia ini di bangun atas dasar cinta-kasih, tanpa cinta kasih ini dunia akan kacau dan tidak teratur. Rasa kasih yang anda berikan kepada orang lain akan menyejukan hati bagi yang menerimanya. Selain itu ungkapan kasih yang konsisten dapat meluluhkan emosi negatif apapun.
Bila seseorang datang kepada anda dalam kondisi kepedihan dan marah dan anda secara konsisten menanggapinya dengan kasih sayang pada akhirnya kondisi orang itu akan berubah.
Kalau anda bekerja dan mencintai pekerjaan anda, maka rahasia pekerjaan itu akan di bukakan bagi anda, dengan demikian anda akan memahami pekerjaan itu lebih baik dan anda bisa bekerja lebih baik.
Kalau anda bekerja dan mencintai perusahaan anda, anda akan dengan tulus menyumbangkan pertumbuhan bagi perusahaan, sehingga perusahaan menjadi lebih maju.
Kalau anda berdagang dan anda mencintai pelanggan-pelanggan anda, tentu dengan senang hati anda akan memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan-pelanggan anda.
Kalau anda seorang produsen yang membuat suatu produk, dan anda mencintai konsumen anda, anda akan berusaha menciptakan produk-produk yang bermanfaat dan memberikan nilai tambah yang besar bagi konsumen anda.
Kalau anda seorang manager yang mencintai karyawan anda, sudah pasti anda dengan suka cita membimbing dan memperlakukan karyawan anda dengan sebaik-baiknya.
Kalau anda mengasihi, anda akan mudah memaafkan orang lain.
Kalau anda mengasihi, anda akan lemah-lembut dalam bertutur kata.
Kalau anda mengasihi, anda akan lebih sabar.
Kalau anda mengasihi, anda akan bermurah hati kepada orang lain.
Kalau anda mengasihi, anda akan memandang orang lain itu penting.
Kalau anda mengasihi, anda akan setia. Sebagai contoh bila anda setia kepada pelanggan-pelanggan anda, tentu anda akan menjaga mutu produk dan layanan anda, bukan mengurangi mutu agar bisa mendapatkan uang lebih banyak.
Hanya melalui rasa kasih inilah anda mampu untuk memberi yang terbaik bagi orang lain. Bila anda merasa kekurangan tentu anda tidak mungkin bisa mengasihi orang lain, apa lagi memberi yang terbaik bagi orang lain.
Rasa kasih sayang ini akan menjadi suatu kekuatan bagi anda bila anda mengembangkannya. Rasa kasih ini dapat menarik orang-orang di sekeliling anda, sebab bila anda mengasihi orang di sekeliling anda, maka mereka akan mendukung anda.

2. Penghargaan dan rasa syukur

Semua hal yang kita miliki saat ini di datangkan kepada anda atas rahmad dan karunia Tuhan. Kita tidak bisa memungkiri hal ini. Tanpa Dia, diri kita bukanlah apa-apa. Oleh karena itu kita sudah sepatasnya untuk menghargai pemberianNya dan mensyukuri apa yang telah di berikan kepada kita.
Memang kadang keinginan kita tidak bisa kita dapatkan, namun janganlah kita melupakan bahwa kalau anda tidak bisa mendapatkan apa yang anda inginkan, pasti Tuhan akan memberikan apa yang anda butuhkan.
Sama halnya kasih, penghargaan dan rasa syukur ini merupakan emosi yang paling spiritual yang membuat diri anda lebih dekat dengan Sumber Kehidupan. Kalau anda dekat dengan sumber, tentu tidak akan pernah kekurangan.
Kalau anda mengekspresikan rasa kasih dan bersyukur ini dengan penuh keikhlasan, anda akan merasa damai dan tenang. Pikiran anda menjadi semakin jernih. Dan dari sinilah anda akan mulai dapat melihat kesempatan-kesempatan baru yang selama ini tidak pernah terlihat oleh mata pikiran anda. Jadi, hiduplah dengan sikap penuh syukur.

3. Penasaran / curiosity

Penasaran adalah rasa keingin-tahuan yang mendalam. Kalau anda ingin tahu lebih dalam tentang pekerjaan anda, kembangkan rasa penasaran ini, dengan demikian anda akan berusaha untuk mengenali dan mempelajari secara lebih mendalam.
Soichiro Honda, pencipta sepeda motor merek Honda; dia penasaran tentang mesin, rasa ingin tahunya sangat kuat akan permesinan, sehingga dia terus memperlajari permesinan ini dengan sangat tekun, dia kesana-kemari untuk mencari tahu tentang cara kerja mesin. Ketika dia sudah mengetahui dengan pasti tentang permesinan, muncul lah ide menciptakan sepeda motor untuk di pergunakan bagi dirinya sendiri, namun itu terus berkembang menjadi suatu bisnis yang besar hingga saat ini.
Kalau anda penasaran, anda akan terus berupaya pantang menyerah hingga jawaban yang anda butuhkan itu di ketemukan. Walaupun ini pekerjaan yang melelahkan, namun anda tidak akan merasa berat, karena anda mengerjakanya dengan penuh pengharapan.
Apa yang membuat anda penasaran ? carilah jawabannya hingga ketemu dan anda akan menemukan kepuasan batin. Bisa jadi rasa penasaran anda itu membuahkan suatu karya yang hebat dan gemilang.

4. Semangat dan gairah

Kita tidak boleh menunggu datangnya semangat dan gairah ini, kita harus proaktif menciptakan sendiri momen untuk bersemangat dan bergairah.
Kalau anda lagi merasa lesu, bosan dan kesepian, pergilah berolah raga, sehingga tubuh anda akan kembali segar dan pikiran anda pun akan ikut segar. Kalau anda malas keluar rumah, gerakan badan anda di rumah sambil mengerjakan pekerjaan yang lain misalkan membersihkan rumah, menyirami tanaman di teras dan lain sebagainya. Intinya jangan biarkan diri anda beku di kuasai oleh kemalasan, kebosanan dan kelesuan.
Yang kedua, ciptakan semangat anda lewat pikiran anda. Pikirkan hal-hal yang bisa membuat anda bersemangat, lalu kerjakan segera.
Atau, pikirkan sasaran atau tujuan yang akan anda capai hari ini atau besok, fokuskan pikiran anda pada sasaran ini, temukan solusi untuk mencapai keberhasilanya.

5. Tekad

Tekad adalah emosi yang muncul dari keinginan untuk mewujudkan segala sesuatu menjadi nyata, yang di dalamnya terselip suatu komitmen atau janji pada diri sendiri.
Kalau anda sudah bertekad untuk sukses, berarti anda sudah berjanji kepada diri anda sendiri. Kalau anda melanggar janji ini, berarti anda berbohong pada diri sendiri.
Adanya tekad, akan mendorong diri anda untuk berupaya merealisasikan semua janji yang pernah anda buat.
Adanya tekad akan menuntun anda dalam menangani kekecewaan dan tantangan. Menyatukan sumber daya dan energi anda untuk mencapai sasaran anda. Dengan tekat anda dapat mencapai apapun yang anda inginkan. Tanpa tekat anda pasti mudah frustrasi dan kecewa.
Kalau anda hanya ngomong tanpa tekad, umumnya sasaran anda bakalan meleset – gagal.
Suatu tujuan atau sasaran yang ingin anda capai tanpa di landasi dengan suatu tekad atau kemauan untuk merealisasikan, itu artinya sama dengan bermimpi di siang bolong.

6. Fleksibilitas

Kalau anda terlalu kaku dengan aturan-aturan yang anda buat bagi diri anda, kemungkinan anda akan lebih banyak mengalami kekecewaan, sebab anda akan mengukur kebahagiaan anda berdasarkan kesesuaian dengan ( comply with ) aturan-aturan ini, sedangkan di dalam interaksi kita dengan dunia di sekeliling terdapat banyak hal-hal yang bertentangan dengan aturan-aturan yang anda buat itu. Lalu kapan anda akan bisa merasa bahagia.
Misalkan anda – orang tua - akan merasa bahagia bila anak-anak anda menuruti omongan anda, tetapi dalam kenyatannya mereka bisa saja bebeda pendapat dengan anda, kalau ini terjadi anda pasti akan merasa tidak bahagia. Anda tidak mungkin bisa memaksa anak-anak anda untuk terus menerus mengikuti omongan anda, mereka juga mempunyai jalan pikirannya sendiri.
Untuk mengatasi problem ketidak-bahagiaan, kita perlu hidup lebih fleksible dan tidak membuat aturan-aturan bagi diri sendiri yang kaku.

7. Keyakinan

Untuk memiliki keyakinan yang kuat, tidak ada jalan lain selain anda harus membangun Iman anda. Bagaimana membangun iman itu ? anda harus belajar, berlatih dan mengerjakannya berulang-ulang.
Seorang tambal ban, bila anda bertanya kepadanya “ apakah anda mampu menambal ban mobil saya ? “ dia akan menjawab “ ya “. Mengapa ? sebab dia telah mengejakan penambalan ban ini berulang-ulang bahkan telah mencapai ribuan kali, sehingga dia merasa bisa, merasa mampu dan akhirnya merasa yakin bahwa dirinya bisa menyelesaikan pekerjaan itu.
Keyakinan harus anda latih, bila anda memulai sesuatu pekerjaan yang baru, cobalah dahulu sebelum anda mengatakan tidak bisa atau merasa takut sebelum mengerjakan. Dengan mencoba mengerjakan, anda kan mendapatkan suatu pengalaman, dimana pengalaman ini akan membangkitkan rasa yakin anda. Bila anda sudah mengerjakan berulang-ulang dengan sendirinya keyakinan anda semakin mantap.
Jadi belajar, berlatih dan mecoba untuk melakukan adalah kunci untuk membangun keyakinan. Tanpa ini keyakinan anda tidak akan pernah tumbuh.
Ingatlah sumber sukses untuk para peraih prestasi yang menonjol sering kali berawal dari sejumlah keyakinan yang di pupuknya, walaupun tidak ada acuannya. Kamampuan bertinak dengan iman itulah yang memajukan diri kita.

8. Keceriaan

Orang yang ceria akan menarik orang-orang yang berada di sekelilignya, dan menjadi pusat perhatian. Kalau anda ceria anda sebetulnya sedang memancarkan kegembiraan dan kebahagiaan.
Kalau anda berdekatan dengan orang-orang yang murung, suka mengeluh dan suka marah-marah, apakah anda betah berada di dekatnya ? tentu anda ingin cepat-cepat meninggalkan orang itu. Menurut pendapat Anthony Robbins : ceria artinya anda luar biasa cerdas karena anda tahu bahwa kalau anda hidup dalam kondisi nikmat – yang demikian kuatnya sehingga anda memancarkan suka cita kepada orang-orang di sekeliling anda – anda bisa menghadapi tantangan apa pun.
Ada kebaikan yang bisa di petik dari keceriaan ini, keceriaan meningkatkan harga dri anda, menjadikan kehidupan lebih menyenangkan dan menjadikan orang-orang di sekeliling anda juga merasa lebih bahagia. Keceriaan berkuasa menghapuskan perasaan takut, pedih, marah, frustrasi, kecewa, depresi, bersalah, dan tidak memadai.

9. Vitalitas

Vitalitas dirasakan oleh tubuh, bila tubuh kita kekurangan energi maka vitalitas kita pun akan merosot. Tubuh akan berenergi dan vitalitas meningkat bila kita mempunyai energi saraf yang berlimpah. Untuk mendapatkan energi yang membangkitkan vitalitas, ada beberapa hal yang perlu di lakukan pertama, Sistem saraf manusia perlu bergerak untuk mendapatkan energi, sebaiknya anda melakukan meditasi-perenungan, sebab ketika anda merenungkan sesuatu, anda sedang berfokus pada suatu pikiran, fokus ini akan membangkitkan energi saraf anda. Kalau anda menyukai meditasi, saya merekomendasikan kepada anda untuk mebaca buku Super Power Mindfulness yang di tulis oleh Ajahn Brahm, buku ini sudah tersedia di toko buku.
Yang kedua, Gerakkan tubuh anda, misalkan berolah-raga. Gerakan tubuh akan mengalirkan oksigen ke dalam sistem saraf anda.
Menurut Stephen R Covey, oleh raga yang baik untuk mengalirkan oksigen ke dalam tubuh adalah Aerobik.
Yang ketiga, Cukup tidur, tidur malam yang nyenyak 6 hingga 7 jam sehari sudah memadai untuk membangkitkan vitalitas. Tidur yang belebihan justru akan membuat anda merasa lesu.

10. Kontribusi

Diatas telah saya sampaikan bahwa dunia ini di bangun atas dasar rasa cinta. Ungkapan cinta yang tertinggi adalah memberi, bukan menerima. Kalau anda berbuat baik kepada orang lain, misalkan membantu tetangga yang kesulitan, sebetulnya anda sudah memberi. Kalau anda mengajarkan suatu keterampilan kepada orang lain, itu namanya juga memberi. Sebetulnya memberi dapat anda lakukan dalam bentuk ucapan – misalkan mengucapkan selamat atas keberhasilan teman sekerja atas prestasinya – atau dalam bentuk suatu tindakan langsung seperti mengajarkan sesuatu atau menolong seseorang dan lain sebagainya. Memberi tidak harus dalam artian uang. Anda bisa memberi dalam bentuk-bentuk lain yang anda mampu. Dalam tindakan memberi anda tidak harus mengorbankan diri sendiri, atau anda tidak harus mengharapkan balasannya. Berikan apa yang anda mampu dengan secara tulus. Dengan demikian anda akan mendapatkan pahala yang baik.
Memberi sebaiknya di jadikan suatu sikap mental atau kebiasaan, karena dengan memberi anda akan merasakan kebahagiaan. Selain itu dengan memberi sebetulnya anda memberi kepada diri anda sendiri. Secara tidak langsung bila anda memberi pertolongan kepada orang lain, orang tersebut akan mengenal anda beserta budi baik yang telah anda tanamkan. Semakin banyak anda memberi, semakin banyak orang mengenal anda. dan ujung-unjungnya mereka semua akan menjadi teman yang bisa mendukung profesi ataupun pekerjaan anda. Jadi sebetulnya Rahasia hidup sukses itu adalah Memberi.


Pembaca yang budiman, untuk mencapai keberhasilan sangat di butuhkan kualitas diri yang baik yang mampu membangkitkan energi-energi positif. Energi-energi inilah yang akan menghidupi kita di sepanjang jalan. Kita membutuhkan tenaga pendorong yang senantiasa mengerakkan diri kita untuk terus mendekatkan diri pada sasaran atau tujuan. Tanpa energi ini kita akan mudah kecewa, depresi dan frustrasi. Oleh karena itu kesepuluh emosi ini perlu untuk kita pelihara terus menerus, sehingga kita terus mendapatkan pasokan energi positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar