Selasa, 13 April 2010

Tetap Semangat Kapan Saja

Saya sering menemui orang-orang yang mengeluh tentang kurangnya semangat pada diri mereka. Saya pun terheran, mengapa bisa demikian ?
Setahu saya, setiap orang di karuniai semangat oleh sang Pencipta yang sama dengan orang-orang lain. Saya pun lalu mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Penyebab mengapa orang kurang bersemangat :

Ada beberapa hal yang mempengaruhi naik dan turunnya semangat seseorang dan faktor-faktor yang berpengaruh itu adalah sebagai berikut :

1. Pengalaman tentang kegagalan

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam mengerjakan sesuatu, namun pengalaman kegagalan ini lah yang seharunya menjadi daya dorong diri kita untuk terus maju. Jika anda berfokus pada kegagalan, maka anda akan kehilangan semangat. Lupakan masa lalu, dan berfokuslah pada kehidupan anda saat ini.
Sebagai contoh, mungkin anda pernah berbisnis dan suatu saat anda mengalami kerugian yang cukup besar. Kalau anda terus menyesali tentang kerugian yang anda alami ini, anda akan semakin tidak bersemangat. Dan menutup potensi diri yang anda miliki.
Kegagalan adalah suatu umpan balik, dimana memberikan suatu sinyal bahwa ada sesuatu yang belum sempurna pada diri kita. Jadi sebetulnya kegagalan ini merupakan guru kita untuk memperbaiki diri agar lebih sempurna. Artinya kita harus belajar dari kegagalan ini, bukan lari dari kegagalan ini.
Semakin sering anda mengalami kegagalan, semakin kuat dan tangguh diri anda - semakin mantap.
Perlu anda ketahui, Thomas Edison, penemu bola lampu, pernah mengalami ribuan kali kegagalan dalam percobaannya. Namun dia tetap bersemangat dan akhirnya penelitiannya menghasilkan penemuan bola lampu.
Anda akan menjadi orang yang gagal, jika anda berhenti melakukan pekerjaan anda atau anda berhenti mengejar impian anda.

2. Keyakinan yang keliru

Suatu ide atau gagasan yang anda yakini, bisa membuat anda bersemangat atau semakin lesu – kurang semangat.
Kalau anda menyakini bahwa anda tidak bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan yang di serahkan kepada anda, pasti anda tidak bersemangat melakukan pekerjaan itu.
Misalkan anda meyakini bahwa membaca buku itu adalah membuang waktu saja atau sulit untuk memahami. Dengan keyakinan ini, tentu anda tidak tertarik untuk membaca, anda pun juga tidak akan bersemangat untuk membaca.
Demkian juga jika anda meyakini bahwa olah raga itu adalah menyita waktu anda, maka anda juga tidak bersemangat untuk berolah raga.
Keyakinan ini sebenarnya bisa di rubah. Jika anda bertekat dengan kemauan yang kuat, sebetulnya anda dapat merubah keyakinan anda.
Dibalik setiap alasan anda untuk tidak melakukan sesuatu, disitulah tersembunyii keyakinan anda.

3. Llingkungan yang tidak mendukung

Di dalam kehidupan bermasyarakat, pasti ada pro dan kontra. Artinya ada orang yang mendukung anda, dan juga pasti ada yang tidak mendukung anda, bila perbuatan anda tidak di dukung oleh lingkungan anda, anda pun pasti kurang bersemangat.
Misalkan anda mempunyai suatu ide untuk meningkatkan penjualan bagi perusahaan anda, bila rekan-rekan kerja anda yang lain, mencemooh rencana anda dengan mengatakan bahwa ide itu tidak mungkin di lakukan, terlalu sulit dan sebagainya. Anda pun bisa menjadi tidak bersemangat.
Anda harus berteguh dengan pendirian anda - jika ide atau gagasan anda itu benar dan bermanfaat - dalam menghadapi lingkungan anda, kalau tidak anda akan kehilangan semangat anda.
Jangan menggantungkan semangat anda hanya pada lingkungan, ciptakan semangat dari dalam diri anda sendiri. Biarpun orang lain mencemooh atau mentertawakan ide – ide anda, sepanjang anda yakin ide itu baik, laksanakan dengan penuh semangat.

4. Tidak mempunyai sasaran atau tujuan.

Tujuan atau sasaran yang anda inginkan merupakan pemicu terbukanya potensi tersembunyi di dalam diri anda. Bila potensi anda terbuka dan berusaha untuk mengekspresikan diri, barulah anda akan bersemangat. Oleh karena itu sangat lah penting bagi setiap orang untuk mempunyai suatu tujuan dalam kehidupan ini, dan memiliki sasaran-sasaran yang ingin di capai. Tanpa tujuan dan sasaran, anda tidak mempunyai arah yang jelas. Sehingga anda mudah kebingungan dan kehilangan semangat.
Kalau anda menemukan sebuah tujuan hidup yang sangat berarti bagi kehidupan anda, anda akan terus memikirkan bagaimana tujuan ini bisa anda raih, disini anda pasti akan selalu berusaha membangkitkan semangat anda sendiri. Oleh karena itu pikirkan apa yang anda inginkan, dan buatlah tujuan atau sasaran bagi hidup anda.
Sebelum anda menemukan sasaran atau tujuan yang jelas , pasti dan sangat berarti bagi hidup anda, semangat anda akan sering up and down.

Semangat adalah bersifat internal, bukan eksternal. Harus di ciptakan dari dalam diri kita, bukan rangsangan yang bersumber dari luar diri. Kita mempunyai kemampuan-kemampuan untuk membangkitkan semangat, namun lebih sering kemampuan ini kita abaikan sendiri. Kita lebih percaya pada rangsangan dari luar untuk membangkitkan semangat daripada menggali kekuatan dari dalam diri. Semangat seharusnya muncul kapan saja, dan dimana saja ketika kita membutuhkannya. Oleh karena itu kita perlu belajar untuk membangkitkan semangat kita sendiri.

Cara Membangkitkan semangat :

Anda mempunyai kemampuan untuk menciptakan semangat untuk muncul kapan saja saat anda membutuhkan, bila anda menggunakan kemampuan yang sudah anda miliki, maka anda tidak akan pernah kekurangan semangat lagi. Dan faktor-faktor yang bisa membangkitkan semangat anda adalah sebagai berikut :

1. Tujuan atau Sasaran

Temukan dulu tujuan hidup anda, untuk ini anda harus tahu terlebih dahulu tahu apa yang anda inginkan. Barulah anda bisa menyusun tujuan hidup anda. kemudian fokuskan perhatian dan pikiran anda pada tujuan dan sasaran anda. bayangkan anda telah mencapai tujuan dan sasaran anda, rasakan bahwa anda merasa bahagia ketika anda telah mencapai tujuan anda, bila pikiran dan perasaan anda telah bersatu, muncul lah dorongan semangat itu.
Dalam keseharian anda, tentu anda sangat sibuk dengan pekerjaan anda, namun luangkan sedikit waktu untuk mengingat-ingat tujuan anda ini. Agar arah anda tetap on the track dan semangat anda tetap terjaga dengan baik. Semakin sering anda membayangkan tujuan dan sasaran anda, semakin kuat melekat pada pikiran anda, sehingga menjadi kesadaran anda setiap saat. Dan dorongan dari dalam akan semakin kuat.
Biasanya orang yang mempunyai tujuan yang jelas, pasti dan berarti bagi kehidupannya, mereka akan selalu berteguh dan sabar dalam menghadapi rintangan dan hambatan. Selain itu mereka juga akan mencari jalan keluar untuk senantiasa membangkitkan semangatnya sendiri. Mereka akan berusaha menguasai nasib sendiri daripada di kuasai nasib itu. Saya teringat ucapan Lim Goh Tong., pendiri Genting Highlands Resort – Malaysia yang mengatakan : “ yang penting menguasai nasib diri sendiri “. Kalimat ini di ucapkannya sewaktu dia memulai proyek pembangunan Genting Highlands Resort – impiannya untuk mewujudkan tempat peristirahatan di puncak Gunung Genting Sempah yang masih berupa hutan belantara – dan dalam waktu 6 tahun dia berhasil menyelesaikan proyek ini dan kini menjadi salah satu kawasan pariwisata yang terkenal di dunia.
Tetapi bila anda mempunyai tujuan yang kabur, sudah pasti semangat anda juga kabur. Anda akan mudah menyerah kepada nasib.

2. Keyakinan pada diri sendiri

Anda memiliki kemampuan yang luar biasa melampaui apa yang anda pikirkan tentang diri anda. Anda harus percaya bahwa kemampuan ini ada di dalam diri anda. Lepaskan semua keyakinan yang keliru tentang ketidak-mampuan, kekurangan, inferior, yang anda rasakan pada diri anda, dan ingatlah Tuhan memberikan kepada kita bukan Roh ketakutan, melainkan Roh yang membangkitkan kekuatan, dan kasih.
Sebetulnya semangat itu akan muncul dengan sendirinya bila anda percaya bahwa anda mampu untuk meraih tujuan hidup anda, kalau anda percaya pada tujuan itu, sudah pasti anda akan merasa percaya diri. Kalau anda ragu-ragu dengan tujuan hidup anda sendiri, anda juga akan kehilangan semangat, tidak bergairah. Sebab tujuan hidup anda itu akan membangkitkan harapan, dan harapan membangkitkan semangat dan semangat menghasilkan tindakan yang mantap, barulah muncul suatu hasil yang anda harapkan.
Mulai hari ini berusahalah untuk merubah semua keyakinan-keyakinan yang membelenggu semangat anda. Bangkitkan rasa percaya diri dan semangat akan berkobar-kobar dalam diri anda.

3. Daya Ungkit

Semua pengalaman yang pernah anda alami, tersimpan dengan baik di dalam bawah sadar anda. Seperti search engine pada internet, dengan memasukan kata kunci, anda akan memperoleh jawaban yang anda inginkan. Demikian juga jika anda ingin membangkitkan semangat anda, masuklah pada pengalaman lampau anda, dimana anda pernah mengalami suatu pengalaman yang membuat anda semangat, sukses, dan percaya diri.
Tampilkan kembali pengalaman sukses, semangat, dan percaya diri yang pernah anda alami di masa lampau. Bayangkan dengan jelas pengalaman itu. Munculkan perasaan serupa yang pernah anda alami itu. Pandanglah pengalaman ini dan terus rasakan semangat, percaya diri dan kegembiraan mengalir kembali kepada anda ketika anda membayangkan. Terus anda bayangkan sampai anda puas.
Dengan menghadirkan pengalaman sukses, semangat anda yang lampau ke dalam pengalaman imajinasi saat ini, anda akan kembali bersemangat dan percaya diri.

Apakah anda mempunyai sebuah lagu, atau musik yang anda sukai, yang menurut anda bisa membangkitkan semangat anda. Putarlah lagu atau musik ini. Resapi alunan suara dari lagu maupun musik ini. Dengan melakukan ini anda bisa membangkitkan semangat anda lagi. Namun kekutan ini tidak sebaik yang di atas.
Bila anda ingin semangat anda terus berkobar, luangkan waktu sesering mungkin untuk menghadirkan pengalaman sukses masa lampau dan ketika semangat anda sudah muncul, gunakan momen ini untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan anda.,hasilnya akan lebih baik.

4. Renungan

Banyak orang mengabaikan manfaat dari renungan ini. Sebetulnya renungan ini sangat membantu perkembangan kualitas diri kita, jika kita lakukan secara teratur dan di manfaatkan untuk hal-hal yang positif.
Renungkan pekerjaan anda, temukan solusi lewat renungan ini. Ketika anda melakukan renungan, anda akan mendapatkan jawaban-jawaban atas permasalah yang anda ingin pecahkan.
Dengan melakukan renungan, sesungguhnya anda sedang melakukan koneksi dengan pikiran universal, dimana dari merekalah semua solusi dan jawaban atas problem anda terpecahkan.
Untuk melakukan renungan dengan baik, sebaiknya kita harus santai dan bebas dari kebisingan. Sehingga kita dapat berkonsentrasi penuh.

Tips agar tetap Berenergi :

Kalau anda ingin agar sepanjang hari tetap berenergi, cobalah melakukan anjuran ini, dan praktekkan setiap hari.

1. Berdiri tegak. Tampatkan kaki anda kira-kira 60 cm terpisah satu sama lain. Angkatlah tangan anda masing-masing ke sisi samping miring 45 derajat.

2. Pejamkan mata. Gambarkan sinar berkilauan, lebih besar dan lebih terang daripada matahari, turun menuju anda dari atas.

3. setelah sinar berkilau itu memasuki tubuh anda, ucapkan affirmasi dengan bersuara, tiga kali : “ Energi Hidup Universal memasuki badan saya dan menggelora dalam diri saya seharian “.

Bila anda memperaktekkan ini, lakukan hanya di waktu pagi hari, sehingga sepanjang hari anda akan berenergi. Jangan melakukan ini di waktu malam hari menjelang tidur, kemungkinan anda akan kesulitan tidur. Karena energi ini akan membuat anda tetap terjaga atau melek.

Pembaca yang budiman, point yang sangat penting agar kita bisa tetap bersemangat hanya dua hal saja yang pertama anda harus mempunyai tujuan hidup yang jelas, pasti dan bermakna bagi hidup anda. Selain itu anda harus percaya sepenuh hati terhadap tujuan hidup itu. Inilah yang menentukan apakah anda akan bersemangat atau tidak.
Sebagai penutup, dapat saya sampaikan : “ Semangat adalah Kondisi pikiran dimana pikiran kita lebih banyak menyenangkan dan damai. Ketika anda Bersemangat, anda berpikir lebih baik, berprestasi lebih baik, merasa lebih baik dan lebih sehat, demikian juga hasil karya anda akan lebih baik “.

Salam Bahagia dan Sejahtera

Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
HP : 0813 – 64808061 or 0857 – 653 – 64838
Email : Soe_hartono@hotmail.com
Blog : www.soegiantohartono.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar