Selasa, 13 April 2010

Kepercayaan Diri

Mempercayai diri sendiri adalah rahasia pertama dari keberhasilan.
Ralph Waldo. Emerson

Bukanlah takdir yang menghambat kesuksesan atau kemajuan anda, juga bukan kurangnya uang, dan koneksi - relasi, tetapi diri anda sendiri. Problem utamanya adalah kurangnya rasa percaya diri. Emerson mengatakan : Tak seorang pun dapat menyingkirkan anda dari kesuksesan kecuali anda sendiri. Apa yang ingin di katakan oleh Emerson adalah sesungguhnya kita mempunyai kemampuan untuk meraih sukses, namun kemampuan ini di perlemah oleh dirinya sendiri. Dan faktor yang memperlemah kemampuan ini adalah pikiran kita sendiri – ketidak percayaan pada diri sendiri.

Anda lahir untuk sukses dan menang dalam hidup karena anda ada dunia ini untuk mengeskpresikan Kehadiran Tuhan dan untuk mengalami kegembiraan dalam menjalankan hidup yang lebih berlimpah.
Anda lahir dengan anugerah, bakat , kemampuan dan rahmat yang khusus. Anda unik , anda adalah anda, dan yang perlu anda ketahui bahwa terdapat suatu kekuatan tanpa batas yang tersembunyi di dalam diri anda, berkedudukan pada bawah sadar. Kekuatan ini siap membantu anda, melindungi anda, dan memberi apa saja yang anda butuhkan. Jika anda percaya, Dia akan mengekspresikan dirinya pada tingkatan yang lebih tinggi melalui diri anda.
Apa yang di maksud dengan Kepercayaan diri itu ?
Menurut Joseph Murphy penulis buku Think Yourself Rich dikatakan bahwa Kepercayaan diri berarti dengan keyakinan. Keyakinan adalah sebuah cara berpikir, sebuah sikap pikiran, sebuah pemahaman atas hukum pikiran. Keyakinan adalah sebuah kesadaran akan kehadiran kekuatan tanpa batas di dalam diri anda.
Kepercayaan diri adalah sebuah kesadaran bahwa pikiran dan perasaan anda akan menetukan nasib anda, artinya anda percaya bahwa bawah sadar anda adalah suatu kekuatan yang dahsyat yang bisa membantu keberhasilan anda. Akan muncul rasa kepastian yang anda rasakan dalam hati anda. Anda tidak takut lagi menghadapi hambatan, kesulitan dan tantangan, karena semuanya akan dapat anda atasi. Kepercayaan diri yang anda miliki akan tercermin pada sikap dan perilaku anda sehari-hari. Anda akan lebih berani, lebih tegar, lebih bersemangat, lebih banyak senyum, lebih sabar dan lebih menghargai orang lain dan tidak sering curiga kepada orang lain.

Bagaimana membangun Kepercayaan diri ?

Rasa percaya diri tidak bisa anda dapatkan dari luar diri anda, apa lagi di beli dengan uang. Sebab dia muncul yang bersumber dari dalam diri anda. Suatu pola pikir dapat mempengaruhi tingkat rasa percaya diri anda, bila pola pikir anda saat ini bertentangan dengan apa yang di sampaikan dalam tulisan ini, anda pasti akan mudah kehilangan percaya diri atau rasa percaya diri anda lemah. Kalau anda mau merubah pola pikir anda dan mengikuti saran-saran ini, tentu anda bisa membangkitkan percaya diri dan mampu memelihara agar terus menyelimuti diri anda, menyertai anda kemanapun anda pergi.
Inilah cara-caranya yang anda butuhkan :

1. Percaya Pada Kekuatan Tanpa Batas.

Bila anda ingin mengerjakan sesuatu, atau ingin memulai sesuatu usaha tertentu, dan anda di selimuti oleh perasaan takut, kawatir dan ragu-ragu. Akan timbul asumsi di dalam hati anda dan terpikir terus menerus tentang kemungkinan-kemungkinan kegagalan atas usaha yang anda lakukan itu. Sehingga anda menunda untuk mengambil tindakan tertentu atau merasa malas mengerjakannya. Apa yang anda alami ini sebetulnya cerminan bahwa anda kurang percaya diri.
Perasaan takut, kawatir dan ragu-ragu ini, sebenarnya menunjukkan bahwa anda sedang melepaskan hubungan dengan kecerdasan tanpa batas atau dengan kata lain ketakutan, kekawatiran dan keraguan itu merupakan bentuk dari penyangkalan terhadap Tuhan.
Dalam hal ini anda terlalu mengandalkan rasio lewat pikiran sadar anda, di mana sesungguhnya pikiran sadar yang rasional itu memiliki kemampuan yang terbatas bila di bandingkan dengan Bawah Sadar anda. Kalau anda hanya mengandalkan pikiran yang ini, anda hanya akan menjadi orang yang biasa saja, untuk menjadi luar biasa, anda perlu berelasi dengan kecerdasan tanpa batas. Karena segala sesuatu berasal dari Dia.
Bawah sadar, merupakan representasi dari kehadiran yang Ilahi, Dia telah ada di dalam diri anda sejak ada lahir, dan siap membantu anda mengerjakan apa saja yang anda inginkan dan butuhkan. Dia memiliki sifat-sifat ingin selalu memberi, membimbing, menginspirasi dan mendorong anda. Namun dia akan memberikan apa yang anda butuhkan bila anda memohon kepadanya, dan dengan senang hati bekerja bersamanya. Kalau anda bekerja sama dengan bawah sadar – berkerja bersama dengan Tuhan – anda tidak akan pernah kehilangan kepercayaan diri. Belajarlah untuk bekerja sama dengan kekuatan tanpa batas ini, bila anda bekerja bersamanya, anda akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
Untuk itu bila anda ingin mengerjakan sesuatu, atau memulai sesuatu usaha tertentu, sampaikan gagasan tersebut kepada bawah sadar anda, serahkan dan pasrahkan kepadanya, dan mintalah bimbimgan dari nya.
Percayalah bahwa : “ Dalam Tuhan tidak ada yang tidak mungkin “.

2. Pengembangan Diri

Dalam bekerja anda tentunya membutuhkan alat-alat yang baik yang bisa menghasilkan sesuatu yang baik. Bila anda bekerja dengan alat-alat yang baik, anda semakin mantap ketika melakukan pekerjaan itu – semakin percaya diri. Alat-alat itu adalah pengetahuan dan keterampilan anda. Suatu keterampilan yang baik akan menghasilkan suatu karya yang baik pula, untuk itu anda mempunyai kewajiban untuk terus menerus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi diri anda sendiri, sehingga anda mampu mempertahankan kualitas karya-karya yang anda buat.
Anda telah di karunia sebuah Otak yang sangat menakjubkan, dia bisa belajar apa saja dan dalam usia anda kapan pun. Jadi tidak ada istilah kalau sudah tua itu tidak bisa lagi menyerap pelajaran. Itu kurang tepat. Kalau ada niat yang kuat untuk belajar, usia berpapun anda tetap bisa menyerap pelajaran-pelajaran itu, memang pada awalnya agak lambat, namun setelah terbiasa semuanya akan semakin mudah.
Bila anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk pekerjaan anda, maka anda akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan anda, selain itu rasa percaya diri anda akan menguat ketika anda semakin mahir dalam bidang pekerjaan anda.
Jadi untuk meningkatkan rasa percaya diri, sudah seharusnya anda meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anda, dan inilah jalan satu-satunya yang bisa anda tempuh.
Berupayalah tanpa henti untuk mencapai keahlian tertinggi yang mampu anda kuasai dan bangunlah suatu keunggulan diri.

3. Visualisasi

Bila anda ingin mengerjakan sesuatu atau memulai suatu usaha tertentu, anda harus tahu pasti apa yang akan anda lakukan, dengan demikian anda akan merasa yakin dengan sasaran anda itu. Keyakinan ini akan membuat anda bersemangat dan muncul keberanian untuk bertindak.
Anda juga telah di karuniai dengan imajinasi yang telah build-in di dalam diri anda. Gunakan imajinasi ini untuk hal-hal yang positif, kreatif dan konstruktif, sehingga mendatangkan manfaat besar bagi anda.
Memikirkan tentang ketidak mampuan anda akan mengasilkan perasaan takut, dan ragu-ragu, sebaliknya bila anda memikirkan atau mengimajinasikan tentang karya-karya terbesar yang bisa anda kerjakan, sudah pasti akan membuat anda bersemangat dan merasa hebat. Jadi, gunakan imajinasi ini dengan benar.
Sebelum anda melakukan apa yang ingin anda lakukan, gambarkan terlebih dahulu apa yang ingin anda lakukan itu, ciptakan gambar akhir dari sasaran anda itu. Temukan gambaran yang pas dan memadai sesuai dengan yang anda inginkan. Kalau penggambaran tentang sasaran anda ini sudah anda temukan, tahanlah gambaran ini cukup lama agar meresap ke dalam bawah sadar anda dan menetap sebagai ingatan anda. Hiduplah di dalam gambaran mental ini seolah-olah itu sudah menjadi milik anda, dengan cara sesering mungkin memasuki penggambaran ini sehingga anda akan mendapatkan perasaan dan sensasi kegembiraan dan kegirangan karena anda sudah memiliki atau mencapai yang anda inginkan itu.
Kalau penggambaran mental yang anda bentuk itu sudah membangkitkan kegirangan, anda dengan sendirinya sudah merasa percaya diri dan bersemangat, dan dorongan-dorongan dari dalam akan mendorong anda untuk mengekspresikan dalam bentuk tindakan nyata.
Untuk melakukan ini memang di butuhkan waktu, sediakan waktu untuk latihan mental ini, karena ini sangat bermanfaat bagi anda.

4. Doa dan Renungan

Tidak ada keberhasilan yang besar dan luar biasa tanpa campur tangan dari sang Pencipta. Kalau anda ingin menjadi orang yang luar biasa yang mampu menghasilkan karya-karya hebat, hanya ada satu jalan yaitu membangun hubungan baik dengan Dia.
Untuk membangun hubungan yang baik dengan kekuatan tanpa batas – Tuhan - , sehingga anda senantiasa mendapatkan bimbingan, inpsirasi dan dorongan hanya melalui jalan berdoa, bersyukur dan merenungkan.
Berikan saya izin untuk mengutip kalimat berikut ini : Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. – Filipi 4 : 6
Anda tidak perlu mengkawatirkan apa yang ingin anda kerjakan, gambarkan dalam pikiran anda apa yang bisa anda lakukan, dan lakukan saja, bila anda sudah melakukan, maka jalan lain akan di bukakan bagi anda. Diatas saya sudah menyampaikan bahwa kekawatiran adalah bentuk penyangkalan terhadap Tuhan. Oleh karena itu, bila anda tahu apa yang harus anda lakukan tidak usah takut, lakukan saja. Kalau anda melakukan nya berarti anda percaya bahwa Dia akan membantu anda, dan sudah pasti Dia akan membantu anda.
Renungkan apa saja yang ingin anda lakukan, dan mintalah petunjuk dalam doa-doa anda.
Dan menurut Wallace D. Wattles, penulis buku The Science of Getting Rich : jawaban terhadap doa bukan sesuai dengan keyakinan ketika anda membicarakannya, tetapi sesuai dengan keyakinan ketika anda mengerjakannya.

Pembaca yang budiman, setiap orang itu pasti mampu untuk membangkitkan rasa percaya dirinya, sebab rasa percaya diri ini sudah di anugerahkan pada kita, dan hanya kita perlu menggali dan mengeluarkannya dari tempat dimana dia disimpan. Kalau anda mengikuti petunjuk-petunjuk ini, saya yakin anda akan bisa membangkitkan rasa percaya diri, yang bisa menyertai anda kemanapun anda pergi. Bila rasa percaya diri itu sudah bangkit, tidak akan ada lagi ketakutan, kekawatiran dan keraguan di dalam diri anda.

Salam Bahagia dan Sejahtera

Pelatih dan Konsultan Citra Diri Sukses
HP : 0813 – 64808061 or 0857 – 653 – 64838
Email : Soe_hartono@hotmail.com
Blog : www.soegiantohartono.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar